Tips Mudah Bikin Desain Ilustrasi Cinematic

Hallo teman-teman desainer grafis.. setelah cukup lama saya Aji Turangga (https://www.instagram.com/ajiturangga) tidak mengisi tutorial di laman website www.kelasdesain.com , akhirnya saya diberi kesempatan kembali dengan artikel ini.
Oh iya, software yang saya gunakan yaitu Adobe Illustrator teman-teman.

Usahakan Sebelum membuat setiap karya, kita sudah punya sketsa/gambaran sederhana dalam desain kita ya. Sketsa bisa dibuat di kertes dahulu, atau jika kita sudah terbiasa langsung di aplikasinya itu jauh lebih bagus, karena menghemat waktu pengerjaan kita.

Langsung saja kita di pembahasan ilustrasi ya.. Berikut tutorial & tips singkatnya:

1. Buatlah outline/garis luar terlebih dahulu, dan usahakan ketika proses ini, benar-benar kita pertegas garisnya ya.. jangan sampai terlaulu tipis, Karena akan berpengaruh di proses akhir nanti. Contohnya seperti ini:

2. Setelah outline terbentuk sempurna, baru kita tambahkan garis-garis yang berpotensi menjadi lekukan dalam gambar tersebut, tujuannya ketika proses pendetailan nanti.. kita bisa dengan mudah memberikan efek pencahayaan atau bayangannya.

3. Tahap selanjutnya membuat shape (model objeknya), di sini banyak yang bertanya, dengan tools apa kita bisa mengikuti lekukan outline secara sempurna? Jawabannya adalah Pentool, yups Pentool merupakan alat yang saya sukai untuk berselancar dalam proses editing, baik ketika membuat model objek ataupun proses cropping. Ini dia jadinya:

4. Setelah shapping sempurna, baru kita tentukan pencahayaan dan bayangannya. Inilah proses finishing yang kalo saya ibaratkan memainkan feeling kita. Di awal pasti semua orang kesulitan, banyak yang menyerah daluan di proses ini karena tak kunjung menemukan pendetailannya. Akhirnya dibuatlah flat sehingga kurang nampak dimensinya.

Saran saya jika teman-teman mengalami kesluitan tersebut, cobalah sering melihat gambar yang nyata, atau bisa juga dengan memainkan cahaya settingan sendiri, jadi kita bisa mengetahuinya secara langsung. Jika hal itu sudah terbiasa dan teman-teman menemukan fillnya, saya yakin panpa settingan pun teman-teman sudan faham, mana bagian pencahayaan dan mana bayangannya. Ini dia contohnya:


5. Untuk lebih sempurnanya karya teman-teman bisa eksplorasi juga ya.. kira-kira unsur atar background seperti apa nih yang nantinya pas untuk desain kita. Jadi semakin mantaplah karya ataupun desain yang kita buat. Jadi tanpa dijelaskan pun sebenarnya karya itu sudan bercerita teman-teman.
Seperti inilah hasil karya yang saya buat teman-teman semua.

Sekian tutorial dan tips singkatnya teman-teman, semoga bermanfaat ya.. Apabila ada yang perlu ditanyakan, bisa langsung disampaikan di laman ini, sampai jumpa di lain waktu. Tetap semangat berkaryanya. “BISA KARENA TERBIASA”.

Oh iya.. karya ini merupakan bentuk ilustrasi guna mendukung saudara-saudara kita yang kurang beruntung dan terdampak ekonominya di tengah pandemi Covid-19 ini teman-teman, kebetulan saya @ajiturangga adalah salah satu desainer yang beraktivitas di Lembaga Sosial Kemanusiaan @sekolahrelawan , jadi saya juga mengajak teman-teman semua untuk ikut berkontribusi membantu saudara kita, ayo kita tanamkan kepedulian untuk sesama, jika diantara kita ada  rezeki lebi bisa disumbangkan melalui Lembaga kemanusiaan yang fokus menangani pandemi Covid-19 ini, atau bisa juga langsung di Sekolah Relawan.

Berapapun.. gak harus banyak lho, karena kita juga open donasi retail, yang mana donasi tersebut akan dibelikan Paket Sembako untuk diberikan kepada para pedagang pra sejahtera, orang lanjut usia, ojek online, dan masyarakat terdampak pandemi lainnya.

Donasi kita bisa langsung disalurkan di sini
https://lapakdonasi.com/campaign/bantuankehidupan

atau bisa juga melalui rekening a.n. Sekolah Relawan
MANDIRI # 17 300 203040 52

BCA # 86 913 52 111 

KODE: 75
Informasi: 0852-1855-3006

Info selengkapnya bisa temen-temen kunjungi website www.sekolahrelawan.com atau sosial medianya @sekolahrelawan untuk info lebih lengkapnya.