Pembuatan Garis,Objek dan Teks di Corel Draw

Selamat datang di website kelasdesain. di sini kita akan sama-sama belajar tentang desain grafis, baiklah kali ini kita akan belajar membuat Garis, Objek dan Teks pada Corel draw. Oh iya, disini saya menggunakan Corel Draw X7. Untuk versi yang dibawahnya kurang lebih sama hanya mungkin di versi ini telah banyak fitur-fitur yang akan membantu kita untuk lebih mudah dalam mendesain. Marilah langsung saja kita buka aplikasi Corel Drawnya, dan tampilan yang pertama akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Materi Yang pertama ialah Membuat Garis.

Pada halaman CorelDrawX7 silahkan klik tombol Bezier Tool lalu pilih Bezier Tool, bisa juga menggunakan tools yang lainya. tapi untuk tutorial kali ini kita akan menggunakan Beizer Tool. Perhatikan gambar di bawah ini :

 

Kemudian arahkan mouse ke halaman kerja CorelDraw X7, lalu klik sekali dan geser secara horisontal dan klik lagi, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Untuk memperbesar tampilan lembar kerja teman-teman bisa gunakan scroll pada mouse atau bisa menggunakan zoom tool. nah untuk menggeser tekan dan tahan tombol Ctrl sambil mengarahakan scrool zoom ke atas dan ke bawah sesuai yang kita inginkan.

Untuk membuat garis menjadi gabung dengan garis lain maka silahkan klik tombol Bezier Tool lalu klik tepat di salah satu ujung garis yang mau disambungkan dengan garis yang lain. Perhatikan gambar di bawah ini

 

selain membentuk objek lurus horizontal atau vertikal, disini kita juga bisa membuat objek lengkungan seperti gambar dibawah ini.

Perhatikan gambar diatas ada tiga titik, untuk membentuk objek seperti itu hal pertama yang harus dilakukan adalah klik titik pertama kemudian untuk titik yang kedua silahkan klik+tahan sambil mengarahkan kursor ke bawah agar membentuk objek lengkung seperti di atas begitu juga untuk titik yang ketika usahakan kursor berlawan arah.

Demikian langkah pembuatan garis sederhana dan bagaimana menggabungkan dengan garis yang lain.

Membuat Sebuah Objek

Silahkan pada halaman kerja CorelDraw X7, klik tombol Ellipse Tool, atau tekan tombol keyboard F7 . silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Kemudian pada bidang kerja klik sekali tahan dan geser untuk membuat sebuah objek . Perhatikan gambar di bawah ini.

Kemudian sebuah objek ada yang dinamakan outline dan fill, outline adalah garis yang mengikuti/ melingkari objek, edang fill adalah bagian dalam dari objek yang di kelilingi oleh outline.

Untuk memberikan warna baik outline maupun fill, silahkan klik objek tersebut dan pilih/ klik tombol color pallete di sebelah kanan dokumen. Silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Kemudian untuk memberikan warna di dalam objek atau fill tersebut silahkan klik salah satu kotak yang ada warnanya di color pallete. Perhatikan gambar di bawah ini.

ScreenHunter_07 Mar. 05 20.38

  1. Dan untuk merubah warna outline silahkan klik tombol outline dan pilih warna dan ukuran yang di inginkan. Perhatikan gambar di bawah ini.

ScreenHunter_08 Mar. 05 20.39

Demikianlah proses atau cara membuat sebuah objek sederhana dengan menggunakan ellipse tool. Silahkan coba dengan bentuk-bentuk objek lain.

PEMBUATAN TEKS

Silahkan pada halaman kerja CorelDraw X4, klik tombol Text Tool atau tekan F8 , silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Setelah tombol text tool di klik, ketikkan beberapa huruf sehingga membentuk sebuah tulisan atau kalimat. Perhatikan gambar di bawah ini.

Kemudian untuk mengganti font/ jenis huruf, ukuran serta warna text, klik tombol font list dan ukuran font. Silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Demikianlah cara membuat sebuah teks sederhana, silahkan buat teks lain berupa kalimat maupun paragraph dengan berbagai variasi warna, ukuran dan jenis font untuk melatih kreatifitas.