MACAM-MACAM KERTAS DI DIGITAL PRINTING

Penting bagi seorang graphic desaigner untuk mengetahui jenis-jenis kertas ketika akan menggunakan jasa digital printing karena kertas dapat mempengaruhi tampilan akhir dari produk dan juga mempengaruhi ketahanannya. 

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai jenis kertas yang digunakan dalam jasa digital printing.

  • HVS. Bahan kertasnya agak kasar, umumnya dipakai untuk fotocopy. Kertas jenis ini banyak di jual di toko-toko buku atau ATK. Gramasi yang umum dipakai 70-100gsm.

  • Art Paper & Matt Paper. Bahan kertas ini biasanya sering digunakan untuk membuat brosur karena permukaannya yang licin atau semi doff. Selain itu, hasil yang dihasilkan juga bagus karena raster kertasnya halus. Gramasi yang umum nya dipakai 100-150gsm.

  • Duplex. Bahan ini namyak digunakan untuk pembuatan box. Bahan duplex ini sangat mudah dibedakan dengan bahan lainnya, karena sisi depan putih dan sisi belakangnya berwarna abu, jadi yang bisa dicetak hanya sisi depan nya saja yang berwarna putih . Gramasi yang umumnya dipaaki 250gr, 270gr, 310gr, 3350gr, 400gr.

  • Art Carton. Salah satu kertas yang banyak digunakan di digital printing karena karakternya yang pas dan kertas ini memiliki karakter yang halus dan juga licin, memiliki ketebalan yang cukup baik sehingga sangat cocok untuk pembuatan produk dengan kebutuhan kertas tebal. Kertas ini juga bisa digunakan untuk membuat cover buku maupun kartu nama. Gramasi yang digunakan 190gr – 400gr.

  • Ivory. Kertas ini memiliki bentuk fisik yang hampir mirip dengan kertas Art Carton, dari sisi gramaasi nya kertas ini bisa ditemukan dengan ketbalan 210gr- 400gr. Permukaan dari kertas ini juga mirip dengan kehalusan dengan kertas Art Carton. Bedanya hanya sisi kehalusannya, kertas Art Carton kedua sisinya halus sedangkan ivory hanya 1 sisi saja. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box kosmetik karena cukup tebal dan kokoh.

  • Kertas Hologram. Kertas hologram terbuat dari bahan yang berteknologi tinggi. Dibentuk dari gabungan 2 cahaya dalam benttuk mikroskopik. Dari penggabungan cahaya inilah dapat membentuk gambar. Teknologi hologram dapat menyimpan informasi dan memuat objek-objek 3D.