Kerja di Startup jadi Trend ?

Penjelasan singkat mengenai Startup

ilustrasi oleh @zalnurama

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Ketemu lagi 😀 pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai hal yang lagi Trend nih Sob, langsung simak ya..

ilustrasi oleh @zalnurama
ilustrasi oleh Instagram @zalnurama

Kerja di Startup jadi Trend ?

Oke sob, kali ini kita akan coba membahas kenapa bekerja di Startup menjadi Trend?.

ilustrasi oleh @zalnurama
ilustrasi oleh Instagram : @zalnurama

Banyak alasan kenapa banyak orang yang memilih bekerja di Startup Sob, salah satunya karena kantor yang lebih mirip tempat bermain dari pada tempat kerja.

Sample picture

ilustrasi foto oleh brilio.net
ilustrasi foto oleh Brilio.net

Nah kebayang kan betapa serunya jika kantor kita didesain sedemikian rupa 😀

Oke kita langsung saja ke penjelasan mengenai Startup itu sendiri.

Apa sih Startup itu ?
ilustrasi oleh @zalnurama
ilustrasi oleh Instagram : @zalnurama

Pengertian Startup sendiri adalah bisnis atau usaha yang baru dimulai atau dibuat. Kebanyakan orang sering menghubungkan Startup dengan sesuatu yang berbau teknologi. Ini dikarenakan pada tahun 1998 banyak perusahaan Internasional yang menggunakan website (dot com) didirikan secara bersamaan pada tahun 1998-2000.

Perusahaan Startup sendiri lebih mengacu kepada jenis bisnis yang baru, dan cenderung menghasilkan produk-produk yang baru juga Sob.

Apa yang perlu disiapkan untuk bekerja di perusahaan Startup ?
ilustrasi oleh @zalnurama
ilustrasi oleh Instagram : @zalnurama

Jika Sobat ingin bekerja di Startup itu artinya Sobat sudah siap berhadapan dengan hal-hal yang menurut Sobat masih baru (belum dijamah) dan menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan. Jadi disini Sobat tidak hanya sekedar bekerja, dalam artian mengerjakan apa yang diperintahkan saja, melainkan Sobat harus siap turut serta dalam menyelesaikan berbagai masalah yang muncul saat membuat produk.

Contoh product dari Perusahaan Startup

ilustrasi foto oleh Business Wire
ilustrasi foto oleh Business Wire

Bekerja di Startup juga tidak sama dengan perusahaan pada umumnya, dengan Jobdesk yang sudah jelas. Di perusahaan Startup kita dituntut untuk bisa mengerjakan lebih dari satu pekerjaan, dan harus di selesaikan dengan waktu yang singkat, dan juga dalam jumlah target besar, hal ini dilakukan demi mendapatkan model bisnis dan produk yang dicita-citakan, dimaksudkan agar Perusahaan Startup bisa lebih berkembang terus menerus, sehingga menjadi Perusahaan Enterprise.

Nah, karena hal ini, bekerja di Startup sering direalisasikan dengan tingkat stress yang tinggi dan pekerjaan yang tergolong semrawut. Tidak heran kenapa banyak kantor-kantor Startup yang didesain seru dan se-playfull mungkin Sob, dengan tujuan selain menciptakan sebuah kantor idaman, juga berfungsi sebagai upaya meng-counter tingkat stress karyawannya.
Apabila dalam jangka waktu 1 tahun atau 2 tahun bahkan lebih, kondisi Perusahaan Startup masih begitu-begitu saja dan dalam hal pekerjaan karyawan masih semrawut, itu tandanya Perusahaan Startup tersebut masih belum bisa menemukan model bisnis yang sesuai dan produk-produk yang dibuat tidak dibutuhkan oleh masyarakat.

Jika Sobat bekerja di Startup berarti Sobat akan bekerja di Perusahaan yang suatu saat nanti menjadi besar. Tentunya apabila tim dalam Startup tersebut bisa bekerja secara maksimal.
Perusahaan Startup desain di Indonesia sendiri sudah cukup banyak, sering kita jumpai lowongan Kerja yang disebarkan secara online, mulai dari mencari karyawan yang siap bekerja di kantor (on site) sampai bekerja di rumah ( off site).

Jadi gimana nih menurut Sobat ?

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita kali ini, apabila ada yang ingin sobat tanyakan bisa tulis di kolom komentar atau DM Instagram Kelasdesain.

Oh iya, Author juga menyediakan jasa desain grafis, khususnya brand and identity, Publishing (media cetak), Social media management/content dan lainnya. Sobat bisa langsung kontak ke sini.

Sekian dari kita,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dilansir dari : maukerjaid, Liputan 6
Ditulis ulang oleh Rizal Nur Ramadhany