JENIS-JENIS TINTA DIGITAL PRINTING 

Assalamualaikum, hallo sahabat desain

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis-jenis tinta dan dimedia apa saja sih tinta bisa digunakan. 

Berbicara tentang tinta tentu saja yang terlintas adalah sesuatu yang bersangkutan dengan Digital Printing. Digital Printing adalah sebuah metode percetakan dari gambar berbasis digital yang langsung berupa file, kemudian bisa langsung dicetak di berbagai media dengan cara yang instan dan cepat.

Dalam percetakan tentu saja memerlukan tinta bukan? Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diinginkan seperti perpaduan warna nya. 

Di dunia percetakan warna yang serimg digunakan adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black).

contoh warna CMYK 

Tinta-tinta yang digunakan juga harus disesuaikan dengan tipe mesinnya karena karakteristik tintanya berbeda-beda. Berikut macam-macam tinta yang sering digunakan di dunia digital printing beserta fungsinya :

  • Tinta Solvent

Tinta ini biasanya digunakan mesin digital printing outdoor untuk mencetak banner. Sebelum menggunakan tinta ini maka harus diperhatikan juga printhead nya cocok atau tidak dan hasil cetak yang dihasilkan tidak sama dengan mesin cetak indoor karena tinta yang digunakan kualitas nya berbeda sehingga harga tinta solvent terbilang cukup murah yang terjual dipasaran.

  • Tinta Dye

Tinta ini biasanya digunakan untuk media yang dipasang di indoor karena tidak akan bertahan lama jika terkena air dan panas.Karakter tinta dye ini lebih cair dan warna yang lebih cerah dibandingkan dengan jenis tinta lainnya. Tinta ini hanya dapat diaplikasikan di media photo paper, pvc, glossy, silky paper, canvas, dan lainnya.

  • Tinta Latex 

Tinta latex merupakan tinta yang berbahan dasar air dan termasuk kedalam jenis tinta baru yang memiliki spesifikasi mirip dengan tinta solvent. Berbeda juga dengan tinta dye yang berbahan dasar air. Tinta latex lebih kuat dan mampu menempel pada semua media.

  • Tinta Sublimasi

Tinta ini merupakakn tinta khusus yang digunakan pada printer sumblimasi yang bisa diaplikasikan pada bahan kain seperti pembuatan sablon.

  • Tinta UV 

Tinta ini biasa digunakan pada mesin digital ptrinting UV. Tinta UV memiliki 2 jenis tiinta yakni tinta soft dan tinta hard. Tinta soft cocok diterapkan untuk bahan yang lentur semnetara hard cenderung untuk bahan yang bersifat keras.