Hal Awal Mudah Menguasai Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan salah satu software atau perangkat lunak untuk desain grafis berbasiskan format gambar vektor, banyak kegunaan yang dapat dilakukan seperti membuat desain layout dari yang paling mudah seperti brosur hingga buku atau majalah dengan jumlah tertentu mengingat lebih efesien jika kita menangani halaman banyak dengan Adobe Indesign.

Pada tulisan ini kami ingin sedikit berbagi bagaimana mengenal sedikit dengan Adobe Illustrator bagi yang baru kenal atau mereka yang sedang belajar secara otodidak. Tidak perlu bingung karena dengan menyederhanakan fiturnya maka kita akan mudah melangkah lebih jauh dalam menguasai software desain ini.

Berikut beberapa hal yang dapat kita pelajari dengan memulai mengenail beberapa tools utama yang paling sering digunakan.

1. Pen Tool, mudah membuat illustrasi disini.

Tools ini merupakan alat bantu yang paling sering dan mudah jika sudah mengenal fungsi-fungsinya, cukup mengetahui apa itu achor point, convert, dan direct selection maka selebihnya latihan dan latihan maka mudahnya Anda membuat berbagai hal dengan tools ini, seperti illustrasi wajah (vektor wajah), vektor karakter, dan berbagai jenis illustrasi lainnya.

2. Indahnya Clipp Masking (Clipping Mask)

Hanya dengan menempatkan 2 object disatu tempat dan klik kanan pilih Make Clipping Mask maka berbagai kreasi dapat kita buat tinggal mencari ide clipping masking apa yang akan kita buat maka desain layout yang kita buat tidak akan terasa bosan.

3. Panel Pathfinder, tak kenal maka pusing.

Salah satu materi diawal kita belajar Adobe Illustrator ialah mengenal dan menguasai fitur mudah namun sangat power full dalam kebutuhan desain kita. Disini terdapat bagaimana kita memotong, menggabung dan lainnya antar object shape (Add, Subtract, Intersect, Exclude).

4. Panel Appearance, leluasa memodifikasi sebuah object shape.

Pertama kali membuka atau mengenal Adobe Illustrator mungkin sebagaian besar dalam pikiran kita akan bingung sebuah bentuk hanya berupa kotak, lingkaran atau yang tidak beraturan yang tidak bisa dikreasikan menjadi lebih bervariasi, namun ternyata dengan menggunakan fitur Panel Apprearance semua tampak lebih indah. Sebuah object shape lingkaran dapat berupah menjadi gampar apapun, sebuah teks ditambahkan outline akan berubah menjadi kreasi yang tidak membosankan.

Mungkin itu sedikit beberapa point untuk mengenal diawal belajar Adobe Illustrator dimana langkah lebih lanjut Anda dapat mengenal lebih lanjut layer, warna, mengatur sebuah gambar yang disertakan dalam satu file Ai (Adobe Illustrator) atau menjadi tautan, font dan lainnya.

Terus latihan dengan memperbanyak sumber inspirasi maka ide-ide tersebut akan banyak membantu kita dalam membuat sebuah desain.

Ada banyak artikel disini dapat kita pelajari dengan menggunakan fitur pencarian pada web site ini maka akan banyak yang dapat kita temukan.