Cara mengubah ukuran Brush Photoshop

Cara mengubah ukuran brush photoshop Adalah tema pada tulisan ini. Namun sebelum membahas  ini perlu kita ketahui terlebih dahulu pengertian tentang Brush di Photoshop. Yah …..setahu saya Brush photoshop merupakan salah satu Tool photoshop yang berfungsi untuk melakukan pewarnaan terhadap foto atau melakukan pegecetan gambar maupun image yang telah terbuka di photoshop.

Lihat gambar di bawah ini

1

Bentuknya secara default terlihat sebagai garis lingkaran seperti gambar di atas (Basic brushes).Bentuk garis melingkar ini bisa kita atur  sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Selain bentuk lingkaran ada beberapa pilihan bentuk antara lain : Assorted Brushes, Calligraphic Brushes, Drop Shadow Brushes, Wet media brushes, faux finish brushes, natural brushes, Special effecr brushes, Thick heavy brushes, Dry media brushes, dan lain-lainnya.

Fungsi dasar dari Tool photoshop ini adalah untuk mengubah warna dengan cara menyapukannya di area photo atau gambar yang akan kita edit. Saya berpendapat bahwa Tool ini saya sebut sebagai sebuah kuas sebagaimana yang kita pakai ketika kita mengecat sebuah benda. Contoh dari penggunaan Brush Tool Photoshop adalah untuk mengganti warna background foto.

Didalam penggunaan brush ini terkadang kita perlu mengatur ukuran brush sesuai dengan media yang hendak kita warnai. Seperti halnya Kuas cat, tentu saja ukuran dari kuas tersebut akan lebih enak dipakai apabila ukurannya sesuai dengan media yang akan kita cat. Demikian juga akan sama halnua ketika kita akan menggunakan Brush photoshop.

Pengaturan ukuran Tool photoshop ini bisa meliputi memperbesar ukuran brush atau memperkecil ukuran brush Photoshop. Bagaimana sih cara mengubah atau merubah ukuran brush di Photoshop ya ?
Gampang ada beberapa pilihan :

 

Pilihan nomer 1.
Click to open the brush preset picker lalu geser slider pada Master diameter. Lihat gambar di bawah ini.

1  Untuk memperbesar ukuran maka geserlah slider ke kanan
2  Untuk memperkecil geser ke Kiri

2

Pilihan Nomor 2
Untuk langka cepat maka  dapat kita lakukan dengan cara di bawah ini :

1 Tekan tanda { pada keyboard beberapa kali berarti mengecilkan/memperkecil ukuran brush photoshop
2  Tekan tanda } pada keyboard berulang kali berakibat memperbesar atau mengubah brush photoshop menjadi besar

Sekian Terima kasih semoga bermanfaat

Referensi http://photoshopdasar.blogspot.com