Belajar Adobe InDesign CS5

51Bu88L-57L._BO2,204,203,200_PIsitb-sticker-arrow-click,TopRight,35,-76_AA300_SH20_OU15_

Kli ini saya ada rekomendasi Buku yang bagus untuk belajar InDesign CS5 bagi anda yang ingin serius belajar Indesign. Buku ini disusun oleh Ann Fisher, sangat enak dibaca dan mudah dimengerti meskipun pakai bahasa Inggris. Jadi, selain Belajar Indesign anda juga bisa belajar bahasa inggris.

Baiklah kali ini kita akan memperlajari tentang Flowing text = threading text

dalam prakteknnya Ada 4 metode yang bisa kita aplikasikan ke dalam software indesign.

  1. Manual dengan mengklik overset text
  2. Semi-autoflow dengan cara mengklik overset text + Alt
  3. Autoflow dengan cara mengklik overset text + Shift
  4. Fixed-page autoflow dengan cara mengklik overset text +Shift + Alt

Dampak Klik pada seleksi text. Jadi, ketika kita mengklik seleksi text ada caranya untuk menentukan apa yang ingin kita ubah,
Jumlah Klik 1x : posisi
Jumlah Klik 2x : Kata
Jumlah Klik 3x : Baris
Jumlah Klik 4x : Paragrap
Jumlah klik 5x : Semua

Lebih mudah mengedit text di story editor daripada di halaman InDesign. Story editor berada di menu edit, gampangnya tekan Ctrl+Y pada keyboard.

Gaya karakter bagus untuk teks yang pendek, seperti judul atau label.

Gaya karakter berguna untuk karakter awal seperti poin, angka dalam daftar bernomor, dan huruf besar / kecil. Mereka juga berguna untuk menyoroti teks dalam body copy misalnya, nama saham sering kali dicetak tebal dan huruf kecil.

Objek yang Anda tempatkan di halaman master disebut item master. Item master muncul di setiap halaman dokumen yang diterapkan halaman master. Logo perusahaan, nomor halaman, dan bingkai kosong yang disediakan untuk teks dan gambar adalah contoh bagus dari item master.Untuk menguasai item, Anda harus menggantinya. Caranya dengan Shift + Ctrl + klik pada halaman yang akan di edit.

Untuk membuat penggunaan gaya lebih nyaman dan kuat, InDesign memungkinkan Anda menumpuk gaya karakter dalam gaya paragraf (Paragraph Style). Gaya bertingkat ini memungkinkan Anda menerapkan pemformatan karakter yang berbeda ke bagian tertentu dari sebuah paragraf — seperti karakter pertama, kata kedua, atau kalimat ketiga — pada saat yang sama Anda menerapkan gaya paragraf. Hal ini membuat gaya bertingkat ideal untuk membuat judul run-in, di mana bagian pertama dari baris atau paragraf diberi gaya berbeda dari sisa baris atau paragraf.

Anda dapat menggunakan fitur gaya bertingkat yang sangat kuat untuk secara otomatis menerapkan pemformatan berbeda dalam paragraf sesuai dengan pola tertentu. Misalnya, dalam daftar isi, Anda dapat secara otomatis menerapkan cetak tebal ke teks, mengubah pelacakan di pemimpin tab (titik-titik yang mengarah ke nomor halaman), dan mengubah font dan warna nomor halaman.

Jarak atau gap antar obyek. Celah antar obyek dari mana? dari Gutter di layout. Jadi nilai gutter = gap.

untuk lebih jelasnya teman-teman langsung saja membaca artikel ini sambil mempraktikkannya. semoga bermanfaat ya. terimakasih telah mengunjungi situs ini.

 

 

http://komputerpro.blogspot.com/2012/08/adobe-indesign-cs5.html