Apa sih nirmana itu?

gatotary design -wordpress.com
gatotary design -wordpress.com

Apa sih Nirmana itu?

gatotary design -wordpress.com
gatotary design -wordpress.com

Assalamualaikum wr.w, sudah pada tau belum sih apa nirmana itu?,baik disini saya akan memberikan informasi tentang apa itu nimana. Nirmana itu adalah suatu penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan.

Pengertian nirmana

  • Nirman dwimatra atau seringkali disebut nirmana dua dimensi biasanya dibuat diatas media canvas atau kertas
  • “Pengorganisasian / penyusun elemen-elemen visual seperti titik,garis,warna,ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis”
  • “Diartikan juga sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra harus mempunyai nilai keindahan”
  • Disebut juga ilmu tatarupa

Macam-macam nirmana

  1. Nirmana dwimatra (2D )

Nimana dwimatra atau seringkali disebut nirmana dua dimensi biasanya dibuat di atas media canvas atau kertas. Nirmana dwimatra masuk dalam tutorial desain grafis.

  1. Nirman trimatra (3D)

Nirmana 3D atau tiga dimensi dibuat diatas sebuah bidang yang mempunyai panjang, lebar dan tinggi, atau memiliki volume.

Unsur-Unsur Nirmana

   Ada beberapa unsur nirmana yang akan kita bahas yang menjadi dasar terbentuknya wujud seni rupa, yaitu: 

  • Titik

   Titik merupakan unsur seni rupa dua dimensi yang paling esensial atau dasar. dari sebuah titik dapat dikembangkan menjadi garis atau bidang. sebuah gambar dalam bidang gambar akan berawal dari sebuah titik dan berhenti pada sebuah titik juga. 

  • Garis

   Garis adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna. Garis terbentuk dari kumpulan titik yang dirangkai bersamaan sehingga bisa berbentuk panjang-pendek, tipis-tebal, melengkung-lurus, horizontal, vertikal, diagonal dan lain sebagainya. 

  • Bidang

  Bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas serta mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis. Bentuk suatu bidang bisa organis, bersudut, geometris, tak teratur, atau bulat.

  • Bentuk

             Bentuk merupakan hasil dari titik, garis, bidang yang terlihat. Bentuk ada dua macam,  yaitu:

  • Bentuk dua dimensi yang memiliki dimensi panjang dan lebar
  • Bentuk tiga dimensi yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan tebal/volume

Warna

  Warna merupakan kesan yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap mata, oleh karena itu warna tidak akan terbentuk jika tidak ada cahaya. Semua cahaya dihasilkan dari reaksi cahaya putih yang jatuh pada suatu permukaan dan kemudian memantulkan sebagian dari spektrum.

  • Tekstur

  Tekstur ialah nilai raba dari sebuah pemukaan baik riil ataupun maya, mungkin bisa kasar, licin, halus, dan lain-lain. tekstur dapat  dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Tekstur nyata, yaitu tekstur yang jika diraba maupun dilihat secara fisik terasa kasar dan halusnya.
  • Tekstur semu, yaitu tekstur yang tidak memiliki kesan yang sama antara yang dilihat dan diraba. Tekstur semu terjadi karena kesan perspektif dan gelap terang.

baiklah mungkin hanya itu yang dapat saya berikan,semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.Wassalamualaikum wr.wb..