APA ITU OFFSET PRINT?

Assalamualaikum, hallo sahabat desain

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai offset printing. 

Sebelumnya saya akan menjelaskan dulu apa itu printing atau percetakan. Printing atau percetakan merupakan proses industri untuk memproduksi secara massal atau banyaak berupa tulisan atau gambaar terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak.

Nah, Offset printing adalah sebuah proses cetak secara konvensional, yang masih menggunakan konsep tolak-menolak tinta dengan air, dimana tinta pada plat statis ditransfer “Offset” ke rubber blanket, baru kemudian diteruskan ke media cetak (kertas atau synthetic media). 

Proses ini menggunakan plat statis, maka output yang dihasilkan seluruhnya akan sergam/tidak bervariasi, produk-produk GCP (General Comersial Printing) dengan oplah produksi volume sedang dan tiga.

Offset printing bisa digunakan mencetak pada jenis kertas yang bertekstur kasar bahkan bisa juga untuk kertas yang bergramtur, tebal nya sampai 330gsm. Selain itu ukuran kertas yang digunakan juga lebih besar bahkan antara ukuran A1 dan A0.

Metode cetak ini menghasilkan berupa produk Paperbag , Calender, Packaging, dll

    

Offset digunakan untuk mencetak dalam skala/kuantitas besar. Diantara semua teknik percetakan, offset dibilang merupakan yang paling ekonomis, berkualitas tinggi, dan memiliki konsistensi yang baik untuk mencetak dalam skala yang besar. 

Keunggulan percetakan offset :

  1. Bisa digunakan untuk mencetak dalam skala besar bahkan hingga ribuan lembar. Semakin banyak jumlah yang harus dicetak maka harga per lembarnya juga semkain murah.
  2. Offset printing bisa digunakan mencetak di berbagai jenis kertas, mulai dari kertas yang bertekstur kasar sampai kertas yang memiliki gramatur tebal 330gsm.
  3. Untuk mencetak 2 sisi atau duplex, mesin offset meiliki akurasi yang bagus ketimbang digital offset 
  4. Dapat memesan warna khusus misalnya warna perak, emas, atau warna stabilo
  5. Hasil cetakan yang tahan lama
  6. Cocok untuk mencetak dalam skala besar 
  7. Jenis dan ukuran yang tak terbatas
  8. Detail cetakan yang optimal

 

Proses offset printimg