Yuk Yang Masih Pemula, Kita Belajar Dasar Corel Draw (Bagian 1)

Assalammualaikum wrwb

Pasti semua udah pada tau kan aplikasi desain yakni Software Adobe Corel Draw?? Tapi tau tidak kalian, gimana tuh saat-saat kalian yang masih belum tau apa itu Corel Draw dan cara menggunakannya, nah inysaallah di sini saya akan membahas bagaimana caranya mempelajari dasar-dasar Corel Draw, yaa sekaligus kita mengenang awal-awal kita belajar Corel Draw hehe, yuk disimak.

Corel Draw umumnya adalah program ilustrasi berbaris vektor dibandingkan program grafis lainnya, selain itu keunggulannya adalah mudah, friendly dan banyak fitur yang bisa dipakai.

coreldraw-dasar-bagian-1

Oke kita pelajari yuk dasar-dasar tools yang ada pada Corel Draw:

interface-coreldraw
New, Pilihan untuk membuat gambar baru (kosong).
Recently Used, membuka gambar terakhir yang anda buat dan disimpan di CorelDraw.
Open, Untuk membuka gambar yang telah anda simpan.
New From Template, membuat gambar dengan menggunakan desain yang telah disediakan.
CorelTUTOR, membuat gambar dengan mengikuti petunjuk CorelDraw
What’s New?, untuk melihat fasilitas baru yang ada di CorelDraw dibanding versi sebelumnya.
TITLE BAR, bagian ini berisi keterangan nama file yang sedang aktif dan lokasi penyimpanannya di komputer
MENU BAR, bagian ini berisi kumpulan menu-menu perintah yang bisa diakses melalui drop down menu berdasarkan kesamaan fungsi dan penggunaannya.
STANDARD TOOL BAR, bagian ini berisi kumpulan perintah yang paling sering digunakan dalam bentuk ikon untuk memudahkan anda dalam menggunakannya.
PROPERTY BAR, adalah merupakan bagian yang menampilkan property dari tool atau perintah tertentu yang sedang anda gunakan.
RULER, merupakan batas-batas vertikal dan horizontal; berisi angka-angka untuk menunjukkan ukuran dan posisi objek. berfungsi untuk membantu anda dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat. karena terdapat mistar horizontal dengan satuan ukuran yang dapat anda ubah sewaktu-waktu.
PRINTABLE AREA, biasa juga disebut kanvas adalah tempat anda membuat ilustrasi. meski anda bisa membuat ilustrasi sebesar apapun tapi yang tercetak adalah objek yang berada didalam objek kanvas saja.
COLOR PALETTE, bagian ini berisi kumpulan warna-warna yang bisa anda gunakan, secara default CorelDraw menggunakan collor pallet CMYK.
TOOL BOX, bagian ini berisi kumpulan tool-tool yang dapat anda gunakan untuk membuat dan mengedit objek-objek vektor
STATUS BAR, adalah merupakan fasilitas yang menunjukan keterangan mengenai atribut objek yang sedang aktif.
Docker, adalah fasilitas penunjang yang ditawarkan CorelDraw guna membantu anda melakukan pengeditan dan manipulasi objek-objek yang ada dikanvas kerja.
Navigasi Dokumen, merupakan fasilitas yang menunjukan dokumen yang sedang aktif.

Wassalammualaikum wrwb

Sumber: http://kuliahdesain.com/belajar-corel-draw-dasar/