Yuk, Belajar Layout dan Typograpy untuk dakwah Islam !

0
637

Assalamualaikum wr wb

Baik akhi, langsung saja, pada kesempatan  kali ini sedikit saya akan menyampaikan hasil dari Workshop Layout and Typography kemaren, Minggu 6 Maret 2016 tepatnya di Aula Masjid Fathullah UIN Jakarta.

Pembicara pada Workshop kemaren adalah Bapak Noor Udin Ung dan Bapak Arif PSA, beliau-beliau adalah salah satu Dosen prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Bina Nusantara ( BINUS ) Jakarta.

Adapun yang mengadakan Workshop ini adalah Muslim Designer Comunity (MDC) chapter Jabodetabek. MDC berdiri tahun 2013 dan fokus untuk menyebarkan karya Desain mereka ke sebagian besar media sosial yang banyak digandrungi masyarakat .

ini contoh-contoh karya desain MDC jabodetabek

poster-ramadhan-1436h-2015-1

princess-caca-gerakan-menutup-aurat-gemar-2016-3

mereka mengharapkan dengan diadakannya Workshop ini para pemuda pemudi muslim mampu berdakwah kapanpun dan dimanapun mereka berada dengan bermodalkan kemauan, kemampuan design, dan ikhlas. sehingga mereka mempunyai slogan , “mari berdakwah, karena dakwah bukan hanya lewat ceramah”

Adapun materi-materi yang disampaikan Oleh pembicara kemaren akan saya rangkum sebagai berikut. terus pantengin yaaaa…

A. Huruf dan Tipografi

 

Bicara tentang typography ya bicara tentang huruf kan tentunya. Coba saya tanya, dari sekian ratus jenis huruf yang ada dikomputermu, ada berapa yang sering kamu pakai? yaps, paling ya antara 1, 2 / 3 lah paling banyak. Selain itu? ya jarang dipakai atau bahkan tidak sama sekali.

Tipografi dalam desain grafis merupakan satu elemen yang sangat penting dan juga merupakan elemen yang paling sering dipakai untuk melengkapi suatu desain. Coba perhatikan desain di sekeliling kita, desain poster, desain suatu produk, desain iklan, semua mengandung unsur tipografinya. Seperti yang kita tahu, desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual. Maka dari itu, unsur yang ada di dalamnya juga harus memancarkan informasi yang ingin disampaikan. Hal ini berlaku untuk tipografi. Pemilihan tipografi yang benar membantu menyampaikan informasi yang ingin disampaikan secara tepat.

B.  Layout / Tata Letak
POSTER

Layout didalam bahasa memiliki arti tata letak. Sedangkan menurut istilah, layout merupakan usaha untuk menyusun, menata, atau memadukan elemenelemen atau unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, tabel dll) menjadikan komunikasi visual yang komunikatif, estetik dan menarik. Di sini diperlukan pertimbangan ketika sedang mendesain suatu infomasi yang seefektif mungkin.
Tujuan utama layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif dalam sebuah cara yang dapat memudahkan pembaca menerima informasi yang disajikan.
adapun Prinsip-prinsip yang Berhubungan dengan Layout
1. Kesederhanaan
ga neko-neko dan menyesuaikan pihak yang akan kita jadikan objek penerima informasi tersebut
2. Kontras
Buat narik perhatian. Berikut ini tips yang dapat menarik perhatian terhadap pesan yang akan disampaikan, yaitu menggunakan style bold dan italic pada body teks, memilihkan huruf display yang lebih atraktif, gunakan kontras warna, ada tekstur dalam latar belakang, memperbesar bagian tertentu yang ingin ditonjolkan.
3. Keseimbangan
Susunan yang seimbang mampu memberi kesan yang formal, seimabang, dapat dipercaya dan mapan. Sebaliknya susunan yang tidak seimbang sering dipergunakan untuk menggambarkan  pesan yang tidak formal.
4. Keharmonisan
Maksud dari harmoni ialah memiliki keselarasan antara satu elemen dengan elemen grafis yang lain.
5. Stressing
Dalam pengertian bahasanya disebut sebagai sebuah penekanan, memiliki fungsi untuk memberikan titik-titik tertentu yang memperoleh fokus perhatian.

baik mungkin ini saja yang bisa sampaikan. mungkin informasi ini 0,1% dari luasnya ilmu layout dan tipografi. saya harap temen-temen bisa kembangkan sendiri diluar sana dan yang paling penting yaitu PRakteknya yaaaaaaa.

Ayo gabung juga dengan MDC Jabodetabek, lihat di websitenya, FB, Twitter, dan lain-lain. Gabung dan bersama memulai desain dan dakwah Islam ya.

wassalamualaikum wr wb

Leave a Reply