Ukuran Standart Sebuah Kartu Nama

name-cardpzd

Berbicara mengenai kartu nama tentu yang perlu diperhatikan adalah ukuran, bahan pembuat kartu nama dan desain sebuah kartu nama. Mengenai ukuran sebuah kartu nama banyak standart yang meski diperhatikan, karena beda negara terkadang ukuran standart sebuah kartu nama juga berbeda. Antar Indonesia dan negara Eropa memiliki standart sebuah ukuran kartu nama. Namun standart ISO banyak berpendapat ukuran sebuah kartu nama yang ideal A8. Berikut  saya kasih tahu sedikit mengenai standart ukuran sebuah kartu nama yang saya tahu:

  • Kartu Nama standar Asia Hongkong, China, Singapore, Malaysia, mempunyai ukuran 90 mm x 54mm.
  • Kartu Nama standar di negara negara Eropa 85 mm x 55 mm,
  • Kartu Nama standar Australia, Indonesia, Denmark, New Zealand, Norway, Taiwan, Sweden, Vietnam, India, Colombia , mempunyai ukuran 90 mm× 55 mm
  • Kartu Nama Standar Jepang mempunyai ukuran 91 mm x 55 mm
  • Amerika, Kanada, Belanda: 89 x 51 mm
  • Hungaria, Republik Ceko: 90 x 50 mm
  • Inggris,  France, Italia, Spanyol: 85 x 55 mm

Namun standart ukuran kartu nama di Indonesia kebanyakan menggunakan ukuran 90 x 55mm sedangkan versi percetakan ada yang beranggapan (Percetakan Indonesia: 88 x 53 mm dan 90 x 55 mm), namun kita sendirilah yang akan menentukan baik versi percetakan atau sesuai Standart Nasional Indonesia SNI.

Selain ukuran sebuah kartu nama kita juga harus memperhatikan bahan yang akan kita gunakan untuk mencetak sebuah kartu nama sesuai dengan kebutuhan dan anggaran (biaya).

Art Paper/ Art Carton. Beratnya/ ketebalannya 260 gsm, cukup tebal untuk kartu nama, permukaannya sedikit licin atau mengkilat, sehingga sulit ditulisi dengan bolpen. Jadi jika Anda mengharapkan si penerima kartu nama mencatat sesuatu tentang Anda atau perusahaan Anda, jangan gunakan jenis kertas seperti ini. Kertas ini cocok untuk desain kartu nama dengan blok warna. Art Carton juga otomatis digunakan jika finishing akhir setelah cetak adalah laminasi doff atau glossy. Jadi usahakan informasi yang anda taruh di dalam kartu nama informasi yang lengkap agar tidak timbul pertanyaan.

Berukuran 250 gsm, tampilannya seperti kertas manila putih, tidak mengkilat, sedikit kaku, namun mudah ditulisi. Jenis ini hanya dapat dicetak satu sisi jadi tampilan kartu nama anda bagian belakang otomatis jadi polos. Kelebihannya jika anda ingin mecatat sesuatu anda bisa menggunakan bagian yang kosong / sisi yang lain.

Mohawk Option. Kertas import berukuran 250 gsm ini memiliki tekstur yang halus mirip dengan kertas BW, namun dengan daya serap tinta yang lebih bagus, sehingga hasil cetak sudah pasti lebih memikat mata. Jadi jika Anda adalah penyuka desain, Anda akan menyukai kertas ini. Lagipula, kelebihan Mohawk Option dibandingkan dengan BW adalah kertas ini dapat dicetak dua sisi atau bolak balik. Jadi Anda dapat lebih bebas berkreasi dengan desain kartu nama Anda.

Linen Jepang. Berukuran 250 gsm, kertas ini merupakan kertas local yang memiliki tekstur garis-garis horizontal dan vertical. Tekstur yang cukup menarik untuk mewakili karakter perusahaan Anda. Biasanya memberi kesan professional yang tidak berlebihan.

Linen Holland. Juga berukuran 250 gsm, Linen Holland merupakan kertas impor yang sejenis dengan linen Jepang, dengan tekstur yang lebih halus, lebih putih, dan sedikit lebih tebal. Kertas ini memberi kesan eksklusif pada kartu nama Anda.

Semakin bagus bahan yang digunakan untuk membuat kartu nama makin mahal pula biaya percetakannya, namun bagi anda yang memiliki selera dan keuangan yang bagus maka akan anda buat kartu nama sebaik mungkin. Semakin baik sebuah kartu nama baik bahan ataupun desain sebuah kartu nama membuat orang yang melihat semakin penasaran dan mencari tahu informasi tentang info yang ada dalam kartu nama.

Berikut saya kasih gambaran tentang harga cetak sebuah kartu nama dengan berbagai jenis bahan dan berapa sisi.

Mungkin hanya ini yang bisa saya berikan , mengenai pembuatan kartu nama. Mungkin perbedaan harga cetak kartu nama disetiap kota ataupun wilayah memiliki harga yang berbeda – beda. Semoga tulisan yang singkat ini bisa memberi manfaat bagi pembaca.

Sumber: Internet