Type Art Menawan

Type Art Menawan

 

Jenis seni populer saat ini yaitu berhubungan dengan Typografi, banyak macam jenis type art ini, sekarang saya akan memberikan tutorial yang tentunya tak kalah menarik untuk di pelajari dalam Adobe Illustrator

 

Dalam tutorial ini, teman-teman bisa belajar langkah-demi-langkah melalui bagaimana cara membuat gambar ini menjadi luar biasa.

 

Langkah 1

Buka Adobe Illustrator , gunakan kertas ukuran A4 , kemudian tulis satu kata , sebagai contoh saya gunakan tulisan “Jenis Art” di Helvetica , kemudian membuat garis besar (Type> Buat Outline, atau Cmd / Ctrl + Shift + O). kemudian lakukan penyesuaian dengan menggunakan Direct Selection tool (panah putih), kemudian gunakan Pen tool (P) untuk membuat garis-garis seperti dibawah ini.

Langkah 2 

Langkah yang selanjutnya, buat layer baru, kemSekarang tambahkan layer baru dan menggunakan alat Pen (P) untuk membuat dua atau tiga baris di dalam teks untuk membuat bayangan di dalam jenis huruf, jadi teman-teman harus membuat garis seakan-akan membuat aliran dalam tulisan. Caranya adalah akhir dari garis awal dan akhir harus di sumbu vertikal dan horizontal yang sama, dan tidak boleh terlalu jauh dari satu sama lain. Di tengah garis yang teman-teman buat, teman-teman bisa membuat tikungan dan kurva.Gunakan garis yang tipis ya teman, disini saya menggunakan garis dengan ukuran 0.25pt.

 

Langkah 3

Kemudian lakukan perubahan yaitu satu baris ke putih, dan yang lainnya menjadi hitam. Klik pada tool Blend pada toolbar, klik pada Option Blend> Halus Warna.Teman-teman bisa Klik di awal atau akhir jalur putih.

Langkah 4

Ulangi langkah sebelumnya, namun jika terjadi kesalahan karena kurva yang teman-teman buat terlalu rumit. Cara mengatasinya adalah dengan mencocokkan jumlah titik jangkar di masing-masing pasangan dari jalur. Dan bersabarlah dalam tahap kali ini, karena membutuhkan waktu yang cukup lama.Langkah 5

Langkah yang selanjutnya yaitu bermain dengan lapisan kurva, membuat mereka lebih besar dengan cara (Cmd / Ctrl +]) atau lebih kecil dengan (Cmd / Ctrl + [) sesuai selera ya :-). Kemudian buat beberapa garis berputar putih di dalam lapisan itu, terutama di sekitar daerah putih, menggunakan alat Pen dengan garis hitam 0.1pt diisi dengan putih.

Langkah 6

Menuju langkah selanjutnya, yaitu membuat mereka berputar di luar. Dengan cara membuka lapisan Draft teman-teman yang di buat di awal. Pilih semua lini, lalu pilih View> Guides> Membuat Guides (Cmd / Ctrl + 5) atau melihat langkah pada gambar dibawah ini.Langkah 7

Sekarang yang kita perlukan adalah kuas dengan stroke yang tipis pada awal dan akhir dengan membuka dari file yang teman-teman buat pada awal tutorial dan menyalin setiap brush bentuk atau teman-teman juga bisa membuat garis sendiri, dengan klik simbol Brush dan pilih New Brush> New Art Brush> proporsional.

Langkah 8

Gunakan Pen tool untuk membuat jalur yang mengikuti panduan kurva teman-teman. Kemudian atur stroke (0,1 sampai 0.25pt). Kemudian atur garis yang berada diluar teks dengan mengatur opacity – pengaturan ke 50% pada blending mode Normal, atau pengaturan blending mode ke Overlay dan opacity 80% dalam teks itu.

Langkah 9

Setelah sebagian proses terlewati kini beranjak pada proses dekoratif.Teman-teman dapat menambahkan lingkaran menggunakan alat Ellipse (L) dengan warna gradien radial. Bermain-main dengan ini, membuat mereka sedikit lebih besar dekat surat itu dan lebih kecil lebih jauh, dan menempatkan mereka di sekitar garis pusaran putih. Membuka surat Ketikkan teks Art Anda, dan mengatur warna surat kepada 50% abu-abu. Lalu copy layer.Langkah 10

Nah di langkah ke sepuluh ini, kita butuh bantuan perangkat lunak tetangga nih 🙂 yaitu Photoshop. Untuk memulainya kita atur jenis kertas dengan A4 baru di 300dpi di RGB, kemudian klik paste setiap lapisan dari file Illustrator. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.Langkah 11

Buka file pada Adobe Illustrator kemudian copy gambar garis mawar, paste pada Photoshop, dan teman-teman bisa merubahnya sesuai selera.

Langkah 12

Langkah selanjutnya adalah penambahan warna. Dengan menggunakan layer baru yang diletakkan diatas palet layer, kemudian atur blending mode ke Color dan kemudian mulai menambahkan warna menggunakan alat Brush:Dengan cara ini teman-teman dapat menghapus atau menambah warna tanpa mempengaruhi daerah yang lain, dan untuk menjaga kelembutan warnanya, biasanya saya mengatur opacity Brush tool 30% sampai 40%.

Langkah 13

Jika teman-teman suka dengan warnanya buatlah layer baru di atas lapisan lainnya untuk dekorasi background, dengan menggunakan Elliptical Marquee (M) teman-teman bisa juga membuat lingkaran kemudian, menggunakan Brush, cat warna.Langkah 14

Kemudian langkah selanjutnya, menghapus latar belakang hitam dengan cara klik pada lapisan berputar-garis putih, kemudian membalikkannya atau klik (Cmd / Ctrl + I) ini akan menjadi garis hitam. Kemudian atur opacity layer ke 50% dan memindahkannya kebawah lapisan yang berwarna, sehingga nantinya ini akan memberikan karya seni warna-warna lembut yang indah. Jika teman-teman belum bisa memunculkan warna mawar, teman-teman dapat klik pada lapisan bunga, Pilih> Load Selection, kemudian membuat lapisan lain, pengaturan ke Multiply. Mulai mengisi mawar dalam layer dengan warna.

Langkah 15

Sampailah kita pada tahap dimana kita akan membuat kata-katanya menjadi bersinar. Caranya dengan klik pada lapisan hitam-putih yang asli dari Adobe Illustrator, kemudian pilih Layer Style> Outer Glow, dan memilih warna yang Anda inginkan. Atur opacity ke 20%, noise ke 0%, spread ke 14%, size ke 38% dan range 50%, seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 16

Sampai pada tahap akhir nih temen-temen, yaitu membuat warna gelap pada teks, yaitu dengan menggunakan Edit> Adjustment> Tingkat. Dan buatlah garis diluar menjadi lebih lembut dengan menggunakan Erase (set ke 50% opacity), menghapus pada akhir setiap stroke atau di mana pun yang teman-teman inginkan.

Dan sekian dari tahapan-tahapan membuat type art yang menawan, semoga bisa menambah ilmu teman-teman, akan terasa mudah ketika teman-teman mencobanya, semangat 🙂

selamat mencoba ya………….