Tutorial : TIPOGRAFI Bagian 1

TIPOGRAFI: LEADING
Dalam penyajian teks untuk media cetak maupun digital, kita akan berkaitan dengan apa yang dinamakan dengan Leading (baca: ledding). Apakah Leading itu? Leading adalah jarak antar baris yang memungkinkan sebuah baris dapat jelas terbaca diantara baris lainnya.
Menggunakan Leading dengan baik juga akan turut dalam membangun keterbacaan dari huruf yang dipergunakan. Pada tipografi tradisional, kita mengenal istilah Body Clearance, yaitu jarak minimum antara Ascender satu baris dengan Descender baris yang ada diatasnya. Pada jaman dahulu, orang menggunakan cetakan untuk membuat huruf pada kertas hingga bila bagian atas satu lempengan ditempelkan pada bagian bawah lempengan lain, maka ia akan memiliki jarak terkecil dari huruf pada lempengan bawah dengan yang berada diatasnya, itulah yang disebut Body Clearance.
Leading pada jaman dahulu dipergunakan lempengan yang memiliki ukuran tertentu untuk memisahkan lempengan satu dengan yang lainnya. Pada zaman modern, istilah Leading tetap dipergunakan seperti pada editor-editor teks maupun grafis. Pada Photoshop, leading dapat Anda tampilkan melalui panel tab Charachter.
14
Pada Web, Leading dapat kita atur menggunakan CSS (Cascading Style Sheet), untuk mengatur leading sebuah paragraf, Anda dapat mempergunakan: p {line-height: 20px;}Dengan demikian, jarak antar baris akan mempergunakan ukuran 20px. Leading akan berpengaruh banyak pada tampilan teks atau huruf, jadi mempertimbangkan Leading dengan baik adalah langkah yang tepat untuk membangun teks yang enak dibaca dan menarik.
Sumber: www.designworld.master.web.id