Tutorial Memperkecil Ukuran File PDF Untuk Keperluan Preview / Presentasi

Assalamu’alaikum sahabat Kelas Desain.

Sahabat Masih bingung untuk memperkecil ukuran File PDF untuk keperluan preview / presentasi. Tenang… Segala sesuatu pasti ada jalan keluar nya. kali ini saya kan memberikan jalan keluar untuk memperkecil ukuran File PDF untuk keperluan presentasi.

Silahkan di simak baik-baik ya.

Langkah 1 :

Pada menu save as, pilih Adobe PDF Untuk save as type nya. Selanjut nya akan keluar kotak menu option PDF. Disinilah semua pengaturan ukuran file bisa dilakukan. Sahabat bisa lihat Tutorial berikut di bawah ini.

 

 

Keterangan :

Compression : Pilihan untuk mengkompress file
Adobe PDF Preset : Pilih Smallest File Size utk mengkompress di ukuran file yang paling kecil yang bisa di simpan.
Color Bitmap Images : Secara default, settingan ini akan otomatis menurunkan semua resolusi gambar di atas 150 ppi menjadi 100 ppi. (pada menu ini Saya biasanya memilih “Do Not Downsample” untuk membiarkan resolusi gambar pada 300 dpi).Lalu tentukan pilihan Image-Qualitynya (Saya biasa memilih “high” agar gambar yang nantinya di hasilkan tetap berkualitas bagus)

Grayscale Bitmap Images : Settingannya sama dengan Color Bitmap Images di atas.
Monochrome Bitmap Images : Biasanya settingan ini Saya biarkan default saja. Karena settingan ini akan menurunkan semua Monochrome Image beresolusi di atas 450 ppi menjadi 300 ppi. (dan resolusi 300 ppi untuk keperluan preview di layar monitor sudah sangat-sangat-sangat-sangat bagus!)

Selesai. Selamat mencoba.

Sekian dan Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

Wassalammu’alaikum.

Sumber : http://www.desainstudio.com/2012/01/membuat-efek-plasma-dengan-illustrator.html