Tutorial Membuat WPAP dengan CorelDraw

Saat ini seni WPAP sudah berkembang jauh melesat yang ditandai dengan banyaknya fans dan bahkan komunitas official yang secara khusus mendiskusikan seni WPAP di wpapcommunity.com.
Diawali dari illustrasi bergaya kubisme berkembanglah menjadi bentuk dan teknik yang khas. Wajah para tokoh populer disusun dalam mosaik warna berseberangan yang dipecah menurut faset-fasetnya. Tidak dalam pengertian kubisme, namun lebih pada penggabungan ragam warna harmonis sehingga membentuk tokoh yang digambarkan.

Apa WPAP ?WPAP ( Wedha’s Pop Art Potrait ) adalah gaya ilustrasi potret yang didominasi bidang warna berseberangan seperti warna depan, tengah, dan belakang dibentuk dari garis lurus tegas untuk menimbulkan dimensi. Seni pop art ini selain dibentuk oleh garis-garis imajiner tegas yang awalnya hanya untuk bentuk wajah, posisi elemen-elemen anggota wajah dan proporsinya sama dengan potret aslinya. Teknik pembuatan vector wpap dibuat berdasarkan proses tracing menjiplak / ngeblat atau mencotoh foto preferensinya.

Penemu WPAP adalah Wedha yang bernama lengkap Wedha Abdul Rasyid yang lahir pada tanggal 10 Maret 1951. Beliau yang sering dipanggil “pak de” ini juga mendapatkan posisi istimewa di Indonesia dengan sebutan Bapak Illustrator Indonesia karena jasa-jasanya. Kontribusi positif dan karya illiustrasi juga seni rupa beliau telah banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Wedha adalah seorang illustrator kawakan di majalah Hai. Beliau mulai mempraktekkan aliran Pop Art pada karya illustrasinya pada tahun 1990-an. Pada usia tua inilah beliau mendapatkan hambatan dalam membuat karya desain dan seni.

Wedha mengalami penurunan daya penglihatan yang berimbas pada sulitnya melukis manusia dan objek lukis secara realis. Hambatan inilah yang justru menjadi trigger Wedha untuk menghasilkan karya gambar manusia yang lebih sederhana dan mudah dikerjakan.

Dimulai dengan membayangkan wajah manusia sebagai kumpulan bidang datar yang terbentuk oleh garis-garis tegas imajiner. Sama seperti orang sukses lainnya, beliau mengalami banyak kegagalan pada proses uji coba. Sebelum menjadi WPAP seni lukis ini disebut FMB ( Foto Marak Berkotak ).

Berikut ini adalah tutorial tentang cara membuat WPAP (Pop Art Portrait Wedha ini) potret di Adobe Illustrator, oleh master WPAP sendiri!
1. Sebuah Pengantar Proses WPAP
Tujuan utama WPAP adalah untuk mewakili wajah-wajah yang sudah akrab bagi kita, dengan gaya baru dan berbeda, tetapi masih harus mudah dikenali. Berbeda dalam arti menjadi lebih unik, lebih dinamis, lebih mencolok dan tentu saja, lebih visual dan menyenangkan untuk di lihat, dengan itu dalam pikiran, proses kreatif WPAP didasarkan pada dua proses utama, proses faceting dan proses pewarnaan. Saya melakukan dua proses secara bersamaan saat membuat potret baru.
  • The Faceting Proses
Dalam proses faceting, dengan menelusuri gambar, saya membagi wajah manusia dalam aspek. Setiap sisi (pesawat) dibentuk berdasarkan perbedaan tingkat daerah gelap dan terang terlihat pada foto asli. Setiap sisi dibentuk oleh garis-garis lurus, bukan garis lengkung. Hal ini karena aspek yang dibentuk oleh garis-garis lurus akan tampak lebih kuat dari segi dibentuk oleh garis lengkung.
Sebelum kita memulai proses, kita harus mulai melihat dan menganggap wajah manusia sebagai bentuk yang terdiri dari banyak permukaan datar pada bola, seperti bola pada gambar di bawah. Ini adalah cara terbaik untuk menggambarkan proses faceting.
  • Proses Mewarnai
Dalam pewarnaan, untuk menunjukkan sesuatu yang lebih kuat, saya hanya menggunakan warna-warna datar, bukannya warna bertahap. Meskipun warna terlihat seolah-olah mereka saling bertabrakan, upaya harus dilakukan untuk membuatnya terlihat tiga dimensi.
Kreatif ahli akan mengklasifikasikan warna dalam kelompok. Anda memiliki kelompok warna panas, warna-warna hangat, warna dingin. Pikirkan mereka dalam hal warna gelap dan terang, mengabaikan rona yang sebenarnya. Pikirkan lebih dari warna di highlight, pertengahan nada dan bayangan.
Perbedaan kelompok ini memungkinkan bagi kita untuk membuat komposisi dimensi. Tidak peduli apa warna yang Anda pilih, selama Anda mengambilnya dari kelompok kanan, hasilnya harus bekerja dengan baik dalam format ini.Oleh karena itu penting untuk bereksperimen dengan warna.
2. Siapkan Dokumen Anda
  • Langkah 1
Proses faceting didasarkan pada foto tracing. Jadi pemilihan foto ini penting karena foto yang bagus dalam kualitas, ketajaman gambar, pencahayaan dan resolusi, akan membantu Anda untuk membuat rendering akhir yang baik dari sepotong WPAP.
Bertujuan untuk sebuah foto yang telah bahkan pencahayaan dan tidak memukul ekstrem, baik dalam cahaya atau bayangan. Juga pastikan bahwa gambar yang tajam dan fokus. Untuk tutorial ini saya akan membuat sebuah potret dari Grand putri tercinta, Ola.

 

  • Langkah 2

Buka Adobe Illustrator dan membuat dokumen baru (File> New). Mengatur ukuran dan pengaturan lainnya seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

  • Langkah 3
Buka File> Place dan mencari referensi gambar Anda dan tempatkan pada artboard Anda. Kunci layer foto yang terkandung dalam dan kemudian Buat New Layer di atas foto. Di sinilah Anda akan menggambar bentuk faceted Anda.

 

3. Buat Bentuk Pertama Anda

  • Langkah 1
Saya biasanya memulai proses penelusuran dengan memilih area dengan batasan yang jelas antara daerah gelap dan terang. Hal ini agar saya dapat dengan mudah melakukan pelacakan. Dan bagian terkecil biasanya menjadi pilihan pertama saya. Dalam hal ini, mata dan daerah sekitarnya.

Menggunakan Rectangle Tool (M), saya menelusuri sorot di iris, yang masih tampak samar-samar dalam foto. Bentuk ini memiliki mengisi tanpa stroke. Semua benda yang dibuat akan berada di gaya ini.

  • Langkah 2

Dalam foto aslinya, iris, ungu dan kelopak mata ujungnya memiliki warna gelap dan jelas ke mana Anda dapat menentukan tepi bentuk ini. Aku akan menelusuri bagian ini, kali ini saya akan menggunakan Pen Tool (P).

 

  • Langkah 3

Tentu saja, sorot Anda telah ditarik pada langkah pertama sekarang akan disembunyikan oleh lapisan baru.Untuk membuatnya terlihat, sementara iris dan kelopak mata masih aktif, Anda akan perlu untuk mengatur ulang bentuk Anda dengan pergi ke Object > Arrange > Send to Back. Pada tahap ini, “putih” mata memiliki tepi yang jelas, sehingga Anda dapat pergi ke depan dan menciptakan bentuk ini untuk menyelesaikan mata. Semudah ini, ini tentang mendapatkan lebih sulit.

4. Buat Bentuk Lebih Kompleks
  • Langkah 1

Kami sekarang akan melacak daerah terdekat berikutnya ke objek sebelumnya. Sayangnya, kita miliki di sini ada batas hidup dan jelas antara daerah gelap dan terang. Hal ini membuat lebih sulit dalam menciptakan bentuk untuk potret.


Menghadapi kasus seperti itu, intuitif, Anda harus cukup percaya diri untuk menentukan batas untuk bentuk. Sebuah pemahaman yang solid dari wajah manusia dan citra yang baik untuk bekerja dari dapat membantu banyak di sini.

Buat bentuk bermata lurus sepanjang sudut kelopak mata, pastikan Anda tumpang tindih bentuk untuk mata sehingga tidak meninggalkan apapun kesenjangan antara bentuk. Kemudian seperti sebelumnya, mengatur ulang bentuk dengan pergi ke Object > Arrange > Send to Back

 

  • Langkah 2

Kami datang ke masalah yang sama untuk bentuk berikutnya, tidak ada batas yang terlihat untuk bentuk.Sekali lagi, dengan keyakinan Anda akan perlu untuk membuat bentuk. Perhatikan bagaimana saya membuat sebuah bentuk yang tidak terlalu persegi dan terdistorsi bentuk jadi itu menunjukkan bayangan gelap dilemparkan dari bulu mata. Anda akan menemukan bentuk yang sama sepanjang yang menggunakan metode yang sama.

  • Langkah 3

Ini adalah masalah Anda akan menemukan lagi dan lagi. Ini mungkin menjadi proses yang membosankan dan membosankan, namun itu adalah satu-satunya cara untuk membuat komposisi WPAP yang tepat. Anda mungkin berpikir untuk menggunakan posterizing atau Live Trace, tapi tidak, saya tidak menggunakan fasilitas tersebut karena mereka tidak menciptakan gaya yang sama.

Langkah 4

Kami masih akan menemukan batas-batas yang tidak jelas dan bahkan tidak terlihat untuk setiap bentuk potensial. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah melalui pengalaman berulang kali menciptakan karya seni dalam gaya ini.
Proses ini diduplikasi seluruh:
  • Menggambar bentuk dengan Pen Tool (P) hanya menggunakan garis lurus.
  • Isi dengan warna yang sesuai diberikan itu paparan sinar.
  • Pilih bentuk dan mengaturnya dengan pergi ke Object > Arrange > Send to Back.

Semua potret akan menggunakan seri yang berbeda bentuk, jadi saya hanya bisa menunjukkan bentuk saya sudah ditarik untuk potret Ola. Saya mulai dengan menggambar bentuk lebih lanjut di sekitar daerah mata.

  • Langkah 5

Kemudian saya bekerja pada bentuk untuk mata lainnya dan hidung. Saya kemudian menghubungkan daerah-daerah dengan bentuk dan menambahkan bentuk putih untuk wilayah di bawah cahaya ekstrim.

  • Langkah 6

Saya menggunakan bentuk yang lebih besar di daerah yang kurang rinci, seperti pipi dan leher.

 

  • Langkah 7

 

Rambut dimulai dengan tipis, bentuk sisi paralel pada diagonal. Ingatlah untuk menghindari menggunakan kurva di semua biaya.

Seperti yang Anda lihat, saya suka membuat aspek dengan sisi vertikal atau horizontal. Ini akan memperkuat komposisi keseluruhan dan gaya. Prioritas saya adalah selalu kemiripan wajah, ini adalah elemen yang paling penting dari potret.

5. Bermain dengan Warna

Setelah melalui beberapa kali revisi, ini adalah final artwork saya. Memilih warna yang tepat adalah bagian paling sulit dalam proses WPAP. Ini dapat menjadi elemen sulit untuk dipahami ketika bekerja dengan gaya sebagai pemula.

  • Langkah 1

Jika Anda memulai, akan lebih mudah jika Anda cat itu dari awal dengan nada grayscale, karena Anda dapat dengan jelas melihat daerah-daerah yang menggunakan bentuk gelap dan terang. Dari sana, Anda dapat membangun jumlah warna yang Anda memperkenalkan kepada proses, namun itu tidak sampai Anda menggunakan spektrum warna penuh bahwa Anda akan membuat potret lebih mencolok.

  • Langkah 2

Kita dapat mencoba untuk bermain dengan warna untuk menciptakan estetika yang berbeda. Coba gunakan Recolor fitur Artwork Illustrator untuk bereksperimen dengan berbagai kombinasi warna.

sumber : http://anindyahrp.blogspot.co.id/2014/11/tutorial-membuat-wpap-dengan-coreldraw.html