Tutorial Membuat Vektor Karakter Wajah

Assalamu’alaikum Wr.wb

Hello guys bertemu lagi dengan saya di kelasdesain.com, oke sekarang saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat vector wajah.

Vektor wajah pada saat ini sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat, banyak jasa yang menerima jasa pembuatan jasa desain sebuah vektor, salah satunya kelasdesain.com

Vektor sendiri memiliki beberapa jenis mulai dari yang sederhana hingga pewarnaan yang beraneka ragam, diantaranya vektor wajah WPAP,Siluet Art, Line Art, Anime version, Vector Art, Karikatur, Sketch Art,

Namun dalam tulisan ini saya akan membagikan tentang bagaimana membuat sebuah vektor wajah /  vector art dari aplikasi illustrator.

Langkah utama yang harus kita lakukan yaitu buka aplikasi adobe illustrator, buat lembar kerja baru file > new > atur sesuai keinginan > ok

Langkah berikutnya

Masukan gambar / foto terkeren yang akan kamu jadikan vektor, file > place > pilih foto dengan resolusi dann kualitas tinggi > Place.

Disini saya menggunakan photo wanita yang berhijab. Nah ini dia photo yang saya pilih.

Kemudian langkah selanjutnya yaitu duplikat photo tersebut dan yang terletak pada layar utama jangan lupa dikunci agar tidak berubah posisi. Dan kita disini akan menggunakan layar yang ke dua kanapa? Ada yang tau jawabannya..? karena agar photo asli nya tidak rusak soalnya akan kita coret-coret photonya.

Langkah yang akan kita jalani selanjutnya yaitu membuat sketsa photo dengan menggunakan pen tool.

Agar pola yang anda tidak tertutup saat tracing,  pewarnaan di non  dan ketebalan garis tracing dibuat sekecil mungkin stroke > 0,25pt dan disini saya menggunakan stroke ukurat 2 pt dengan tujuan agar hasil lebih maksimal.

pewarnaan yang tepat , usahakan anda mempunyai referensi warna

cari di internet tersedia banyak stok pewarnaan

 Search google image

Bagian yang menjadi fokus dari vektor wajah diantaranya, bagian mulut, hidung dan mata

Usahakan buat semirip mungkin dengan objek aslinya agar terkesan hidup dan nyata.

Kemudian setelah itu kita buatlah mata

Dan kurang lebih hasilnya jadilah seperti ini.

Kemudian buatlah bagian dalam mata dan juga kelopak mata serta alis seperti ini.

Langkah berikutnya yaitu kita membuat hidung dan bibir nya.

Selanjutnya marilah kita buat pola untuk pewarnaan wajah hingga menjadi pola seperti ini.

Sebelum kita memberi warna alangkah baiknya kita membuat pola kerudung dan baju yang digunakan photo tersebut, ya kurang lebih seperti ini.

Nah langkah yang kita tunggu- tunggu yaitu pewarnaan.gunakan warna kulit yang tadi diatas saya letakkan, dan anda bisa menggunakan warna yang ada di internet sesuka hati anda. Dan inilah hasil akhir vector wajah yang kita bahas. Dan hasil akhir bisa kita variasikan sesuka hati.

Ups, maaf mohon dimaklum klo kurang rapi karna masih tahap awal belajar.. kita sama-sama belajar ajh ya guys.

Sekian pembahasan kita kali ini.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.