[Tutorial] Membuat Pattern sendiri pada Photoshop

Assalamualaikum wr. wb.

OK. Kali ini kami akan memberi tahu kalian mengenai tata cara membuat Pattern Preset pada aplikasi Photoshop. Kalian bebas ingin menggunakan Photoshop versi apapun. Baiklah langsung aja yaa..

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu menentukan gambar yang akan dijadikan pattern. Atau juga anda bisa membuatnya sendiri dengan mengawali dokumen baru. Namun kali ini saya akan memberikan contoh dengan membuat dokumen baru tapi cara pembuatannya masih tetap sama aja kok. Buat dokumen baru File – New (Ctrl + N).
New Doc
Pembuatan Dokumen Baru
  1. Kemudian kalian dapat membuat kreasi anda pada lembar baru tersebut untuk dijadikan pattern preset yang akan anda buat entah itu berupa Hasil Foto Edit, Texture, Frame, Text, Shape, dsb. Disini saya akan menggunakan contoh berupa hasil gambar brush dan beberapa logo.
Sample
Brush
Logo Pic
Logo – Logo

 

 

  1. Bila dirasa sudah cukup, selanjutnya coba kalian klik Edit – Define Pattern. Lalu tentukan nama Pattern anda.
Edit - Define Pattern
Edit – Define Pattern
Define Pattern Name
Pattern Name
  1. Dan berikut adalah hasil dari penggunaan Pattern yang telah kami buat berdasarkan step tadi. Kalian dibebaskan menggunakan bentuk gambar apa saja untuk pembuatan pattern tanpa harus melakukan tindakan pengulangan yang jelas-jelas dapat membuang waktu anda.
ADS
Contoh hasil jadi pattern

 

Sekian tutorial yang dapat kami berikan, kurang lebihnya mohon maaf.  Wassalam

Jangan pernah biarkan layar kerja anda itu tetap kosong, cobalah letakkan sesuatu agar ide yang mengalir dikepala anda tidak terhambat oleh keraguan terhadap hasil desain anda.” (Dcy)