Tutorial Membuat Maskot Kartun Menggunakan Adobe Illustrator

 

Tutorial Membuat Maskot Kartun Menggunakan Adobe Illustrator

Bermacam tutorial Adobe Illustrator yang bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam belajar. Namun, kamu sudah menemukan caranya bagaimana sih membuat sebuah maskot atau tokoh? Maskot bisa digunakan sebagai tokoh dalam desain atau karya animasimu. Atau tokoh juga bisa digunakan untuk sebuah logo loh. Nah, kira-kira seperti apa sih membuat sebuah maskot kartun menggunakan Adobe Illustrator?

 

Tapi sebelum kita membuat maskot tersebut ada baiknya kita tahu tentang Adobe Illustrator. Adobe Illustrator adalah sebuah program editor grafis vektor terkemuka yang dikembangkan oleh Adobe Inc di Desembe 1986. Di mana Adobe Illustrator dibuat untuk produk pendamping Adobe Photoshop.

 

Pada tutorial ini, kita akan membuat sebuah maskot hanya menggunakan mouse tanpa Pen Tablet. Jadi kita butuh yang namanya sketsa awal untuk membantu kita meraba anatomi karakter yang ingin kita buat. Pada contoh kali ini,  kita dapat membuat sketsa awal menggunakan pencil tool. Jangan khawatir walaupun bentuknya berantakan, karena ini hanya sebagai wireframe dan cuma dijadikan sample untuk melakukan tracing.

 

Langkah 1

Kamu sudah membayangkan seperti apa maskot yang akan kamu buat? Jika belum, duduk tenang dan pikirkan maskot seperti apa yang akan kamu buat. Tak perlu mencari yang sulit karena saat ini kita masih tahap belajar. Jika sudah menemukan maskotnya seperti apa, sketsa dengan pencil tool.  Hasilnya berantakan? Jangan khawatir, karena ini hanya sebagai  wireframe dan cuma dijadikan sample untuk melakukan tracing.

Langkah 1

 

Langkah 2

Grup seluruh garis (CTRL+G) kemudian turunkan opacitynya menjadi 20%. Klik kanan pada objek sketsa lalu pilih Lock File (Ctrl + 2). Mulai tracing dari bagian rambut menggunakan  Pen Tool (p). Lalu gunakan cara yang sama untuk elemen lain, seperti hidung, mata, mulut, dan sebagainya.

langkah 2 (a)

 

langkah 2 (b)

 

Langkah 3

Buka lock objek sebelumnya menggunakan CTRL+ALT+2 lalu tekan tomblo Delete. Grup seluruh garis.

Langkah 3

 

Langkah 4

Saat ini kamu harus mewarnai gambar elemen secara terpisah maka gunakan Live Paint Bucket Tool (K). Pilih warna yang ingin kamu gunakan lalu klik pada elemen tersebut.

Langkah 4

 

Langkah 5

Kamu sudah mewarnai seluruh objek? Seleksi maskot, lalu arahkan kursor ke Menu Bar dan pilih Object > Expand. Untuk memisahkan elemen tersebut gunakan tombol U untuk ungroup.

Langkah 5

 

Langkah 6

Pilih wilayah yang akan kamu gunakan untuk membuat shadow lalu duplikasi objek warna pada wajah tepat diatasnya, dengan menekan Ctrl + C  dan Ctrl + F di keyboard. Seleksi objek yang sudah diberi efek shadow di Menu Bar pilih Window > PathFinder dan klik pada tombol Intersect di PathFinder palette. Nah, setelah mengerti kamu bisa aplikasikannya ke semua elemen.

Langkah 6

 

Langkah 7

Setelah mencoba membuat shadow seperti di atas, kini kamu bisa mengaplikasikan dengan cara yang sama untuk bagian tubuh yang lain. Namun, gunakan warna yang berbeda sesuai dengan warna dasarnya. Salah-salah memberikan warna, yang ada maskotmu akan terlihat aneh.

Langkah 7 (a)

 

Langkah 7 (b)

 

Langkah 8

Langkah terakhir untuk menyempurnakan maskotmu adalah dengan menambahkan lighting. Sebenarnya prinsip pembuatannya sama dengan shadow , tapi gunakan warna-warna yang lebih terang dari warna dasar.

Langkah 8 (a)

Langkah 8 (b)

 

Dan, hasil akhirnya akan seperti ini. Ingat ya, jika hasil akhirmu kurang memuaskan itu artinya kamu harus terus berlatih agar terbiasa dan mahir. Selamat mencoba!

hasil akhir

Sumber: http://www.idseducation.com