Tutorial Membuat ID Card Otomatis di CorelDraw Bagian 1

Paling asik kan kalo ngerjain sesuatu otomatis? :D, gak perlu repot-repot manual,  untung di CorelDraw terintegrasi VBA jadi bisa mempelajarinya dan mengembangkan macro kreasi sendiri. Sebelum ke yang otomatis kita lanjut dulu ke yang semi, berikut ini tutorial cara mebuat/memasukan data Id Card, Kartu Karyawan, Kartu Mahasiswa, Kartu pelajar dan lainnya otomatis ke CorelDraw dengan bantuan Mail Merge, seperti yang pernah saya bahas di  Tutorial Print Merge Cetak banyak Label Otomatis Sekaligus dari data Excel.

Pada tutorial bagian dua nanti, akan saya berikan Macro CorelDraw yang otomatis memasukan foto Id Card contoh kasus kartu mahasiswa. Jadi simak-simak saja yah tutorial bagian 1 ini dengan teliti 😀

Untuk tutorial membuat ID Cardnya mungkin lain kali saya bahas lebih detail, di sini saya fokuskan penggunaan data ID Card dari Excel. Disarankan file CorelDraw, Excel dan Fotonya dibuat satu folder khusus sehingga lebih mudah pengerjaanya. (Contoh : D:\ID_Card\ )

  1. Buatlah format ID Card, misalkan 90 mm x 55 mm di Kertas A4, dengan pembagian simetris sehingga dihasilkan 10 ID Card. Format Desain Kartu Mahasiswa / ID Card di A4 CorelDraw
  2. Setelah membuat format CorelDrawnya, silahkan buat format Excelnya disesuaikan dengan jumlah field yang diinginkan, Misalkan : Nim1 s.d Nim10, Nama1 s.d Nama10, TTL1 s.d TTL10, Jurusan1 s.d Jurusan10, kemudian isi masing-masing field ke kanan, lanjut ke bawah.
    Format Data ID Card Otomatis CorelDraw di Excel
  3. Biasanya format data excel dari customer formatnya ke bawah, cara mudahnya adalah seleksi misalkan pada baris nama ke 1 hingga nama ke 10, kemudian paste special  pilih Transpose di rows A2 file csv-nya. Lanjut seleksi nama ke 11 s.d 20 kemudian paste special pilih Transpose di rows A3 file csv-nya dan seterusnya.
  4. Masih di Excel silahkan masukan semua data sesuai jumlah yang diinginkan, kemudian klik File-Save As pada bagian name misalkan : id_card dan pada bagian Save As Type pilih CSV (Comma delimited)(*.csv)
  5. Kemudian klik tombol Save jika ada pesan tampil pilih Yes saja kemudian tutup File Excel tersebut supaya tidak terjadi error saat penggunaan data di CorelDraw
  6. Kembali ke CorelDraw seperti pada tampilan gambar nomor 1 kemudian
  7. Klik Menu File -> Print Merge -> Create/load Print MergeCreate Print Merge Kartu Pelajar Otomatis
  8. Pilih import text form a file or an ODBC data source kemudian klik tombol NextBuPrint Merge dari Database CSV EXcel untuk Kartu pelajar Otomatis
  9. Buka file CSV yang telah di simpan pada langkah 2 ( D:\ID_Card\id_card.csv )
  10. Klik Next-Next saja sampai tampil gambar berikut:Proses Print Kartu mahasiswa Card Otomatis
  11. Kemudian klik Tombol Finish:
  12. Masukan Field field yang ada dan atur posisinya, ukuran font dan perataannya, (Sarannya masukan saja dulu semuanya di 1 tempat kemudian seleksi semua atur ukuran font, jenis huruf, dan perataanya misalkan rata kiri setelah itu baru atur per masing-masing ID Card sampai 10 ID Card terpenuhi field)
    Format Field ID Card kemudian Mengatur Posisinya ke Masing-Masing Kartu mahasiswa
  13. Setelah semuanya anda atur selanjutnya klik tombol Perform Print Merge jika ingin mencetaknya tanpa foto dan  Merge to New Document untuk menjadikan file tersendiri sehingga bisa anda masukan foto di dalamnya.
  14. Saya sarankan supaya pada saat anda Merge to New Document tidak hank karena proses pembacaan data field yang banyak sebaiknya format id cardnya di cut dulu dan pindahkan ke file baru untuk sementara, dan saat sudah jadi file mergenya baru masukan ke bagian Master Page (All Pages)
    Hasil Print merge Kartu mahasiswa ditambahkan Master Layer ID Card
  15. Demikian tutorial memasukan data ID Card dari Excel ke CorelDraw secara Otomatis.
Untuk selanjutnya mengenai tutorial memasukan foto otomatis bisa anda pada tutorial membuat kartu mahasiswa otomatis bagian 2 . 🙂 #Salam #GRAFISin
sumber : http://www.grafisin.com/2014/12/tutorial-membuat-id-card-otomatis-bag-1.html