Tutorial Membuat Efek 3D Pada Teks di Photoshop

Langkah pertama
Buat dokumen baru di Photoshop, ukuran 1000×1000 pixels, resolusi 300 DPI, dan mode warna RGB.
01

Lalu ganti warna layer ‘Background’ dengan warna #494949

02

Buat sebuah teks, dalam hal ini saya membuat ‘EFFECTS’ atau anda bisa membuat teks lain
03

Step 4

Klik ganda layer ‘effects’ untuk membuka jendela Layer Styles. Kemudian klik gradient Overlay pada Layer Styles : ubah blend mode menjadi Multiply, opacity menjadi 50% dan angle menjadi -65.
04

Pada Layer Palette, klik ikon Add New Layer untuk membuat layer baru, beri nama layer baru dengan ‘awal’. Kemudian tekan Ctrl+Klik pada thumbnail layer ‘effects’ untuk mengambil seleksi bentuk pada layer tersebut.klik kembali layer ‘awal’, tekan tombol D di keyboard untuk mengubah warna dasar menjadi hitam putih lalu tekan Alt + Delete untuk mengisi layer ‘awal’ dengan warna hitam.
05

Duplikat layer ‘awal’ dengan menekan tombol Ctrl+J di keyboard, beri nama layer hasil duplikasi dengan ‘akhir’ dan posisikan layer ‘akhir’ seperti gambar dibawah.
06

Sekarang duplikat layer ‘awal’ berkali-kali dengan menekan tombol Ctrl+J sebanyak 15 kali.
07

Kemudian pada layer palette, klik layer ‘akhir’, tahan Shift di keyboard lalu klik layer ‘awal’ untuk menyeleksi layer-layer tersebut di layer palette.
Sementara semua layer tadi aktif dan nge-link, klik ikon Distribute Vertical Center kemudian klik ikon Distribute Horizontal Center untuk membuat layer-layer tadi tersusun sedemikian rupa. Lalu tekan tombol Ctrl+E untuk menggabungkannya dan ubah nama layer hasil penggabungan tadi menjadi ‘shadow’.
08

09

Klik layer shadow di layer palette, kemudian pilih Filter > Blur > Motion Blur, dan atur nilai pada jendela Motion Blur seperti gambar dibawah.
10

Tekan dan tahan tombol Shift+tanda panah atas kemudian Shift+tanda panah kiri untuk membuat teks bergeser 10 px kebagian atas dan kiri.
11

Ubah blend mode layer ‘shadow’ menjadi Multiply dan Opacity menjadi 40%
04

Duplikat layer ‘shadow’, pada layer ‘shadow copy’ berikan juga efek motion blur sekali lagi. Tapi kali ini nilai distance-nya dirubah menjadi 70%
13

Langkah selanjutnya, buat sebuah layer baru diatas layer ‘Background’ dan beri nama dengan ‘lighting’. Pada layer ‘lighting’ berikan warna gradasi hitam ke putih dengan Gradient Tool (G) dan atur arahnya seperti gambar dibawah. Jika sudah, ubah blend mode-nya menjadi Overlay dan opacity-nya menjadi 50%
14

Sekarang kita kembali ke layer ‘effects’, klik ganda layer tersebut untuk membuka jendela Layer Styles. pada jendela Layer Styles, pilih Bevel and Emboss dan atur nilai-nilainya seperti gambar dibawah.
15

Masih pada jendela Layer Styles untuk layer ‘effects’, klik pada Pattern Overlay. Kemudian klik tanda panah seperti yang diillustrasikan digambar dibawah untuk mendapatkan pattern dengan katagori Artist Surfaces. Pada contoh kasus ini, klik pada pattern bernama Washed Watercolor Paper. Ubah blending mode pada Pattern Overlay menjadi Multiply dan Opacity menjadi 75%.
16
17

Terapkan juga efek Pattern Overlay pada layer ‘Background’. Tapi kali ini pilih pattern dengan nama Hard Charcoal Light. Ubah juga blending mode menjadi Multiply dan Opacity menjadi 75%, jika sudah klik Ok untuk keluar dan jendela Layer Styles.
18

Dan hasil akhirnya ini
19