Trik menggunakan Blending Mode

Kali ini kita akan mengupas teknik teknik blending mode, perbedaannya dengan manipulasi foto bisa kitabedakan dari kategori jenis manipulasinya, karena memanipulasi foto sendiri sekarang sudah banyak jenisnya seperti fine art, surreal fantasy, human interest, dark, humor, conceptual, horor, pop art dan masih banyak lagi yg lainnya. kali ini kita akan memcoba manipulasi dengan jenis emotional.
1. Masukan objek yang akan kita panipulasi dan ambil objek utamanya

1

  1. Lalu buat new document dengan background hitam ataupun abu abu tua, kali ini saya menggunakan size width=2000px dan heigt=2300px

2

  1. gunakan foto hutan sebagai background pendukung. lalu atur posisi sesuai keinginan kalian.

3

  1. Atur opacity sesuai kebutuhan. disini saya menggunakan opacity 21%, gunakan adjustment layer huer-saturation lalu atur sesuai kebutuhan.

4

  1. Disini saya menambahkan foto atau gambar landscape rerumputan. lalu atur posisi menggunakan CTRL+T, gunanya untuk menyesuaikan perspektif hutan yang tadi dibuat. agar posisi hutan dan rerumputan terlihat menyatu

5

  1. Gunakan teknik masking pada rerumputan

6
7. Kemudian gunakan brush warna putih. tarik secara horizontal dari ujung keujung. untuk membuat cahaya jauh pada permukaan rerumputan

7
8. Ubah blending menjadi overlay, jika terlalu over atur opacity sehingga efeknya terlihat.

8
9. Berikutnya buat efek bayangan pada bagian rerumputan, gunakan brush dengan warna abu tua, caranya sama seperti membuat cahaya jatuh pada permukaan rerumputan tadi.

9
10. ubah blending menjadi overlay

10
11. Kemudian beri efek asap, dengan menggunakan brush asap. jika tidak ada kalian bisa download di google. atur opacity brush 7-10% lalu usapkan kepada permukaan yang ingin diberi efek kabut.

11
12. Gunakan adjustmen layer gradient fill. dengan memberi warna kecoklatan, seperti yang terlihat digambar.

12
13. Selanjutnya membuat efek cahaya kembali, buat layer baru. ambil warna disekitar backhround yang tadi sudah dibuat. Gunakan brush dengan memberi titik asap asal pada layer dengan ukuran brush sekitar 10-15px, kemudian tekan CRTL+T pada keyboard, lalu atur besar kecilnya cahaya.

13
14. Jika diperlukan tarik transform hingga keluar layer, seperti yang terlihat digambar.

14
15. Kemudian ubah blend mode manjadi screen

15
16. Lalu buat kembali efek cahaya dengan cara yang sama pada point 13 dan 14

16

  1. Jangan lupa merubah blending mode manjadi screen, jika terlalu over. jika terlalu over kalian bisa mengaturnya dengan opacity pada layer.

17

  1. Kemudian gabungkan objek pertama yang telah kita seleksi dan potong, dan buatlah bayangan dibawah layer objek. seperti terlihat pada gambar.

18

  1. Gunakan juga efek dodge dan burn , gunanya untuk menampakan objek lebih berdimensi.

19

  1. Gunakan adjustment layer solid color dengan memberi warna abu gelap atau terang sesuai kebutuhannya. dengan blending mode softlight. berguna untuk menyeimbangkan warna gelap dan terang pada keseluruhan gambar

20

  1. Kemudian gunakan adjustmen layer gradient fill warna hitam transparan agar membuat vignete, atau warna hitam pada setiap sudutnya.

21

Selesai.. Semoga bermanfaat.

sumber : http://photoshopqu.com/