Tracing atau menjiplak sebuah gambar adalah skill yang harus dimiliki oleh seorang desain grafis, selain kemampuan menciptakan tentunya, tapi banyak dari kita sangat sulit membuat gambar di komputer, padahal, kualitas gambar kita di kertas sudah memadai, belum lagi harga Wacom yang lumayan menggigit itu, nah dengan keterbatasan itulah kita seolah harus memaksa diri kita, untuk bisa menjiplak gambar dari kertas sketsa, untuk dilahirkan menjadi karya digital yang bisa digunakan untuk keperluan apapun.

Tracing sebenarnya hal yang mudah, bahkan bisa dikatakan ini adalah dasar dari mempelajari desain grafis digital, tapi kebanyakan kita merasakan kesulitan, apalagi jika gambar yang kita buat adalah gambar yang kompleks, dan punya bentuk yang tidak bisa dibuat dengan shape tools.

Berikut beberapa cara supaya sobat makin mantap meniti jalur desain grafis.

1. Gunakan Aplikasi yang Bagus

Aplikasi memang tidak mempengaruh banyak, tapi dengan pemilihan aplikasi yang tepat, kita bisa memaksimalkan potensi diri kita dalam menjiplak gambar.

Opsi yang sering digunakan orang Indonesia adalah Adobe Illustrator dan CorelDraw, dan penulis juga menggunakan keduanya.

Masing – masing aplikasi punya beberapa kesamaan fitur, tapi pemilihan aplikasi yang tepat itu tergantung denganmu, mana yang lebih nyaman menurutmu aja.

Penulis sendiri pernah menggunakan keduanya, dan untuk keperluan tracing, penulis lebih merekomendasikan Adobe Illustrator.

2. Gunakan Mouse Yang Bagus

Selain Aplikasi, Hardware juga berpengaruh penting terhadap kualitas tracing, tapi, penulis hanya menekankan mouse, sedangkan spesifikasi tidak terlalu berpengaruh sebenarnya.

Kenapa Mouse? karena kualitas tarikan, dan mencegah noise pada gambar detail, sangat dibutuhkan mouse yang responsif dan punya kualitas bagus.

So, jikalau sobat memang ingin bersungguh – sungguh dalam dunia desain grafis, jangan ragu menginvestasikan uang sobat untuk membeli mouse yang bagus.

 

3. Berlatih Pen Tool Terus – Menerus.

Pen tool adalah tools dasar yang harus dikuasai setiap orang yang ingin menjadi seorang profesional dalam desain, karena Pen Tool adalah rool utama di setiap aplikasi desain, selain itu, dengan berlatih Pen Tool, kita bisa menciptakan banyak hal.

Berlatih Pen Tool pun tak sulit, apa yang kita usahakan akan terbayar ketika hasil yang kita dapat sangat memuaskan.

Ayo mulai berlatih pen tool sekarang!

 

4. Gunakan Smooth Tool

Smooth Tool adalah salah satu tools yang juga sangat bermanfaat, smooth tool berfungsi sesuai namanya yaitu melembutkan, nah smooth tool ini akan melembutkan hasil yang kasar yang kita buat melalui Pen Tool

Penggunaan Smooth Tool pun berbeda tergantung aplikasinya, nah di Illustrator, sangat mudah menggunakannya, tinggal mengarahkan mana arah yang sesuai.

Dengan menggunakan Smooth Tool ini, gambar kita yang tadinya masih acak kadul akan menjadi lebih profesional.

 

***

Oke itulah sedikit tips bagaimana bisa tracing gambar seperti profesional, semoga kita bisa menjadi seorang profesional di bidang desain grafis.

Kunjungi artikel ku yang lain di website ini! sampai jumpa!