Tools yang Digunakan Untuk Mengkroping Gambar Di Photoshop

Google Search Image

Hai guys.. kali ini aku bakalan sharing tentang tools apa aja yang dipake buat mengkroping sebuah gambar atau foto di photoshop. Ada beberapa tools yang sering digunakan dalam mengkroping sebuah gambar atau foto pada aplikasi Adobe Photoshop. Semuanya memiliki teknik tersendiri dalam pemakaianya, Guys. Aku jelasin aja ya satu-persatu.

  1. Lasso Tool

Tool ini digunakan untuk mengkroping gambar dengan cara klik kiri dan menekannya sambil menggeser mouse mengikuti jalur/sisi garis gambar yang akan dikrop. Menggunakan tool ini memang agak rumit dan butuh ketelitian, Guys. Apalagi kalo mousenya terlalu sensitif, wah bakalan berantakan seleksinya. Tekniknya memang seperti menulis menggunakan pensil pada buku, mungkin karena mediannya berbeda yang membuatnya ribet.

  1. Polygonal Lasso Tool

Fungsi dari Polygonal Lasso Tool adalah membuat seleksi berbentuk poligonal ( banyak sudut  ) kayak macem segitiga, segiempat, segilima, segienam  dll. Cara pakenya lumayan gampang tinggal klik-klik aja disetiap sudutnya. Cocok banget buat nyeleksi gambar-gambar yang bersudut atau berbentuk segi banyak. Kalo cuman buat seleksi bentuk persegi atau persegi panjang nggak usah pake lasso, pake aja  seleksi marque tool

  1. Magnetic Lasso Tool

Fungsi dari magnetic lasso tool adalah membuat seleksi bebas. Apa bedanya dengan Lasso tool. Bedanya kalo magnetic lasso tool lebih praktis dalam pemakaiannya. Cukup kamu deketin pointer kamu ke garis / daerah yang mau diseleksi trus klik. Arahkan pointernya melalui garis / daerah yang pengen kamu seleksi. Nanti garis seleksi bakalan nempel sendiri kayak magnet. Sebenarnya nggak ada tips atau trik biar hasil seleksi bisa bagus. Membuat seleksi sama halnya kayak menulis. Tulisan anak SD dengan anak SMP tentu beda karena anak SMP lebih banyak menulis dibandingkan dengan anak SD. Karena itu kuncinya mencoba dan terus mencoba, biar terbiasa.

Mangga silahkan mencoba.

Salam kreatif.