Bingung, TKJ vs RPL vs Multimedia ? Ini Jawabannya

TKJ VS RPL VS MM?

TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), dan
MM (Multimedia).

Pertama kali mendengar jurusan ini pasti anda akan terbayangan dengan komputer. Yap, dari ketiga jurusan ini pasti ada kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Sisa bagaimana anda memahami passion atau kecocokan anda dalam memilih. Mungkin yang baru lulus SMP untuk lanjut memilih SMA atau SMK bimbang dalam menentukan kedepannya.

Jika anda memilih SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) , anda akan dihadapkan dengan beberapa jurusan yang mungkin menambah anda bingung. Disini saya akan membahas tentang 3 jurusan yang mayoritas orang pakai dalam pekerjaan. Untuk dapat memilihnya anda harus mengerti dahulu, apa sih perbedaan dari 3 jurusan ini.

Jika anda memilih lulusan IT yang berburu pekerjaan, kemungkinan anda punya banyak kesempatan. Karena setiap perusahaan, setiap industri membutuhkan tenaga IT untuk mengelola perusahaan agar lebih efisien. Bagi anda yang tidak minat kerja berat yang tidak ingin terkena panasnya matahari mungkin anda cocok dalam mengambil jurusan ini.

1.TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

TKJ merupakan sebuah jurusan SMK yang membahas mengenai cara merakit komputer, cara instalasi sistem operasi, cara instalasi program aplikasi, dan juga materi mengenai komputer jaringan lainnya.
TKJ juga merupakan jurusan yang sangat popular banyak dipilih siswa-siswi SMK bahkan orang besar pun banyak bergeser untuk memilih TKJ. Mungkin dari Jurusan ini anda bisa membayangkan bagaimana anda kedepannya.
Profesi:
1. Network Administrator
2.
Jadi Ahli Service Komputer dan Laptop
3.
Membuka Les Privat Komputer
2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
RPL membahas kepada materi mengenai pendalaman cara-cara mengembangkan perangkat lunak, termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen pengembangan, dan manajemen kualitas. Peminat jurusan RPL juga tidak kalah banyak dengan TKJ.
RPL sendiri identik dengan merancang dan membuat software dengan menulis coding, mengimplementasikan sebuah algoritma, melakukan testing terhadap software yang telah diciptakan sebelummnya.Jika anda memahami Jurusan ini anda akan mendapat begitu banyak raukan uang seperti Mark Zuckerberg (Programmer).
Profesi:
1. Programmer                               7. Game Developer
2. Software Engineer                      8. System Analisis
3. Database Engineer                     9. Konsultan IT
4. Web Engineer
5. Software Tester
6. Software Developer
3. Multimedia (MM)

Multimedia adalah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi baik berupa tulisan, suara, maupun gambar. Jurusan multimedia di SMK lebih mengarah ke desain grafis, seperti editing video, vector, dan masih banyak lagi yang berbau dengan berimajinasi.

Mungkin teman sekalian yang ingin berkarya lewat dari imajinasi mungkin jurusan ini yang cocok dengan anda. Bisa disimpulkan bahwa jurusan ini cenderung mempelajari Desain Grafis.
Jurusan ini salah satu cabang dari wirausaha yang banyak diminati publik. MM sendiri dapat mengacu pada kreatifitas dari kreator tersebut. Semakin nilai Estetikanya semakin tinggi pula pendapatannya.
Profesi:
1. Ilustrator                   6. Fotografi
2. Komikus                    7. Video-film,
3. Animator                   8. Pengembangan Website
4. Desainer
5. Periklanan
Dimana Passionmu ? Apa Kelebihanmu ? TKJ, RPL atau Multimedia ?
Mengenai keputusan yang terbaik yang mana antara TKJ, RPL, dan Multimedia itu ada ditangan anda masing-masing. Ketahuilah, Anda Mahir karena Terbiasa maka dari itu lihatlah apa kebiasaan setiap harimu yang anda senangi tanpa anda merasa terbebani.
Lihat kembali apa yang kamu dapat dari Jurusan itu , apakah itu yang membuatmu lebih berkembang atau malah menjadi beban. Jangan mengikuti teman jika itu bukan keahlianmu. Jika masih bingung tanyalah pada temanmu tentang kelebihanmu karena mereka bisa melihat skillmu.
Ini juga salah satu dimana kamu menajdi Professional dalam bekerja. Optimis dalam memilih keputusan karena didepanmu masih banyak tanggung jawab yang kau harus penuhi seprti Orangtua, Teman, Saudara atau Orang yang pernah kau hutang budi padanya.
Sebagai orang yang beriman jika anda masih ragu maka serahkanlah semuanya pada Allah SWT dan Shalatlah Istikharah.
Mohon Maaf jika ada kekeliruan,
Semoga Bermanfaat, Terima Kasih.