Tips menghadapi Permintaan klien Untuk Pembuatan Desain Grafis

Tips menghadapi Permintaan klien Untuk Pembuatan Desain Grafis

Dalam dunia desain grafis terdapat hal penting yang perlu diketahui oleh teman-teman yang ingin berkecimpung di dalamnya 1 hal terpenting tersebut adalah hubungan desainer grafis dengan klien, cara terbaik untuk bisa memberikan kepuasan adalah dengan menggunakan jalur komunikasi yang efektif antara desainer dan klien.

  1. Bertanya

Tips yang pertama adalah bertanya, janganlah pasif ketika berhadapan dengan klien banyaknya bertanya karena dengan bertanya kepada klien kita mengerti apa yang diinginkan oleh klien. bayangkan kalo kita sebagai desainer hanya diam tanpa meminta, pasti kita hanya bisa menebak – nebak apa yang diinginkan oleh klien. siapkan pertanyaan yang ditujukan ke klien menyangkut dengan desain sebagai contoh

  • Anda membutuhkan Desain apa mungkin saya bisa membantu?
  • bisnis yang anda jalankan bergerak dalam bidang apa?
  • Konsep apa yang anda inginkan dalam desain ini

Dari beberapa pertanyaan diatas mungkin akan sedikit memberikan pandangan anda  mengenai apa yang diinginkan oleh si klien dengan menampung segala ide-ide dari si klien untuk proyek ini. menjadi pendengar yang baik, jadikan momen ini sebaik mungkin untuk saling bertukar ide hingga menemukan kesepakatan.

2.Tentukan

Pada tahap ini seorang desainer memerlukan sedikit waktu untuk berpikir, memutuskan apakah diambil atau tidak proyek ini. mungkin ada alasan tidak mengambil proyek tersebut karena tidak menemukan kesepakatan mengenai harga atau kerumitan akan desain yang dipesan oleh si klien.

ini merupakan langkah yang sangat penting dalam menentukan apakah anda sebagai seorang desainer grafis bisa memenuhi permintaan klien, hal ini sangat penting tetapi seringkali diabaikan. mengambil keputusan yang tepat pada tahap ini membuat anda terhindar dari frustasi atau kesulitan di tahap-tahap selanjutnya

  1. Desain

Dalam tahap ini desainer dituntut untuk melakukan pekerjaan. ini dikarenakan dia sudah mengambil proyek tersebut bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas karena klien telah memberikan kepercayaan penuh kepada anda dalam mengerjakan tugas tersebut selalu meminta saran dan terus berkomunikasi dengan klien baik melalui email, telpon maupun bertemu secara langsung disaat waktu senggang untuk membahas masalah proyek ini

  1. Masukan

pada tahap ini anda sebagai seorang desiner telah membuat serangkaian konsep yang akan ditunjukan ke klien, apabila tahap-tahap sebelumnya telah dijalankan kemungkinan kecil tidak akan ada konflik. harusnya karya desain bisa diterima oleh klien dengan perasaan puas akan hasil nya sesuai dengan apa yang klien harapkan, namun apabila sebaliknya teryata klien tidak puas dengan hasil karya anda ini akan membuat anda frustasi tentunya. terkadang klien meminta untuk re-desain dibolak-balik berkali-kali tetapi ujungnya kembali ke desain awal.

Cobalah untuk mendapatkan jawaban yang spesifik, bukan komentar yang tidak jelas, seperti “terlalu mencolok” atau “terlalu banyak”. Ini adalah kunci untuk merancang desain akhir dengan sedikit waktu yang terbuang mungkin.

  1. Persetujuan Akhir

Persetujuan akhir adalah tahapan yangmelibatkan kedua belah pihak bagi desainer bagian ini sangat penting karena konsistensi akan janji-janjinya dan jasa yang telah diberikan kepada pelanggannya. karena ini secara tidak langsung merupakan media promosi nama baik anda sebagai seorang desainer dipertaruhkan disini,hubungan kerja yang baik dengan klien, sehingga mereka kemudian akan didorong kembali untuk menjadi pelanggan yang yakin akan memberikan pekerjaan pekerjaan kepada kita selanjutnya.