Tips Mendesain Tipografi Bertema Retro

0
236

Pada bahasan kali ini, saya akan membagikan trik mendesain tipografi bertema retro. Kita hanya membutuhkan kreativitas untuk membuat desain lebih atraktif dan menarik, selain juga pilihan kata-kata yang kita tampilkan bisa menjadi unsur yang penting.

Gaya tipografi retro lebih efektif untuk menampilkan kata-kata atau kalimat yang menarik misalnya kutipan motivasi, kata-kata inspirasi, peribahasa atau semacam celotehan yang asik. Saya tidak mengulas secara khusus tutorial cara mendesainnya karena hanya membutuhkan tool dan teknik dasar yang bisa dipelajari di tutorial Photoshop Dasar maupun Coreldraw Dasar. Sekali lagi, kreativitas kita yang akan lebih menentukan.

Tips dan Trik Mendesain Tipografis Retro :

1. Mengonsep Bentuk Dasar

Secara umum, gaya tipografi retro ini berwujud kata-kata yang disusun berurutan dari bawah ke atas.

typo-retro
Gambar Tipografi retro konsep 1

  • Tentukan kata-kata / kalimat yang akan kita desain terlebih dulu.
  • Susunlah kata-kata satu per satu dari atas ke bawah.
  • Untuk kata yang pendek kita bisa menyatukan dengan kata lainnya, terutama jika itu bentuk kata depan, kata hubung atau kata sambung. Namun jika kata tersebut menjadi unsur penting yang kita tekankan dari seluruh kalimat, tetaplah jadi satu kata tersendiri meskipun pendek. Cara pemenggalan kalimat ini bisa menjadi bagian penting yang menjadikan desain lebih keren.
  • Jika ada kata sambung atau kata depan didalam kalimat misalnya “maka, dan, di, jika, pada dll” maka tulislah dengan huruf kecil / lowercase atau dengan ukuran lebih kecil daripada kata yang menjadi penekanan dalam kalimat.

2. Pemilihan Jenis Huruf / Font

Terdapat Jutaan jenis huruf / font di dunia ini. Pilih sesuai dengan style yang ingin kita buat, yaitu jenis huruf retro. Secara gampangnya, jenis huruf ini terlihat klasik dan terlihat seperti yang digunakan untuk desain-desain pada jaman dahulu. Namun tidak perlu berpikir keras, pada website yang menyediakan font gratis sudah ada klasifikasi untuk masing-masing jenis font.

typo-retro-2
Gambar Tipografi retro konsep 2

Beberapa website yang bisa menjadi referensi untuk Download Font Retro:

Catatan: Pada proses aplikasi desain jangan terjebak pada jenis font retro seperti pada klasifikasi di website Fonts. Tentu saja kita bisa menggunakan jenis huruf apa saja selama kita bisa mendesain menjadi lebih menarik.

3. Menambah Elemen Pendukung

Tidak cukup hanya jenis font, namun kesan retro akan lebih menarik jika ditambah beberapa elemen seperti ornamen, ribbon / pita, efek kasar / rustic. Untuk efek kasar ini selain jenis huruf memang sudah bentuknya demikian, kita bisa membuatnya di photoshop atau jika menggunakan Coreldraw bisa menggunakan bentuk spalatter yang di Trim pada desain.

Desain ornamen atau ribbon bisa Anda buat sendiri, atau download dari internet melalui Google Search, bisa juga didapatkan dari ilmuGrafis Store.

4. Penggunaan Warna

tipografi-retro-3
Gambar Contoh Tipografi retro final

Selain beberapa faktor diatas, jika kita menggunakan warna dalam desain retro, maka ada klasifikasi tersendiri untuk menciptakan kesan retro dalam desain kita. Referensi warna klasik yang bisa kita gunakan bisa dilihat dari website Colourlovers.com. Kepiawaian kita memilih susunan warna pun sangat berpengaruh pada kesan desain. Gunakan skema warna yang baik agar desain terlihat lebih dinamis.

Demikian tips tipografi bertema retro, semoga menambah wawasan kita dalam mengolah desain. Terima kasih, semoga bermanfaat.

sumber: www.ilmugrafis.com

Leave a Reply