Tips Membuat Sablon di Mug

Bagi anda yang suka denga hal yang unik dan ingin tampil beda, mungkin mencetak mug sendiri adalah hal yang menyenangkan dan penuh makna. Biasnya jasa percetakan mug yang profesional ketika ada customer yang ingin mencetak mug dalam jumlah kecil (1 pasang) akan dilayani dengan sepenuh hati. Haal inoi sudah pernah saya lakukan , akan tetapi saya sudah mempersiapkan desain yang akan di tempel di mug yang akan di cetak. Biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu mahal hanya berkisar 30ribuan untuk satu pasang mug. Namaun harga akan semakin murah apabila kita mencetak mug dalam jumlah banyak.

Ada beberapa langkah yang untuk melakukan proses sablon di Mug

Langkah pertama yaitu proses printing desain yang akan dijadikan sebagai tampilan mug.

Pastikan kertas yang dipakai adalah kertas HVS Coated untuk hasil yang lebih optimal.

Permukaan kertas yang diprinting adalah yang mengkilat atau yang lengket jika jari kita dibasahi sedikit air. Ingat jangan sampai posisi kertas yang akan di print terbalik.

Pastikan gambar yang akan diprinting sudah di mirror image terlebih dahulu. Area printing untuk sablon mug maksimal adalah 22×8 cm, atau bisa anda  sesuaikan dengan diameter mug yang dipakai / kebutuhan.

Keringkan gambar yang sudah diprinting sekitar 5-10 menit untuk hasil yang optimal sampai tinta benar benar kering sempurna.

Ingat tinta yang digunakan bukan tinta yang biasa kita gunakan untuk mencetak dokumen biasa. Jenis tinta yang digunakan untuk kebutuhan cetak Mug adalah tinta Sublime.

Tinta yang belum kering menyebabkan hasil kurang terang (cenderung pucat), bisa anda gunakan headdryer  atau di jemur sebentar dibawah terik matahari untuk mempercepat proses pengeringan tinta.

 

Berikutnya proses cetak desain pada mesin Press Mug

google image

Tancapkan kabel power pada sumber listrik, kemudian setting suhu antara 180-185C

(1). Atur kekuatan tekanan mesin press dengan memutar bola merah

(2), sesuaikan dengan diameter mug yang akan dipress. Nyalakan mesin heat press dengan     menekan tombol power ke posisi ON, maka lampu indikator yang berwarna kuning akan menyala.

Tempelkan gambar pada mug secara center. Bila perlu lapisi gambar dengan kertas HVS yang bersih sampai mengelilingi mug, agar tidak ada bekas kotoran mesin press pada mug.

Pastikan bahwa lapisan coating pada mug dan tinta sablon pada kertas sudah kering dan gambar sudah di mirror imageterlebih dahulu.

Masukan mug kedalam mesin heat press, kemudian nyalakan tombol power yang berwarna merah. Bila suhu sudah mencapai 180C, masukan mug yang sudah ditempel gambar pada mesin press dengan mengangkat tuas pengunci terlebih dahulu.

(3) kemudian di press, tunggu sampai suhu mencapai 180C kembali ,Kemudian atur timer

(4), lama pengepresan mug antara 20-30 detik.

Tekan kembali tuas pengunci. Bila suhu sudah sesuai settingan maka lampu indikator yang berwarna merah akan menyala

(5). Nyalakan saklar timer yang sudah disetting.

Matikan timer dan power bila alarm sudah berbunyi.

Diamkan sekitar 2-3 menit sampai agak dingin, kemudian mug diangkat.

Perhatian: jika masih panas mug jangan diangkat dari mesin press, karena gambar akan menjadi berbayang.

Buka kertas HVS pelapis mug bila sudah dingin, lepas kertas sablon.

google image

Catatan :

  1. Mug yang digunakan mug coated
  2. Tinta sublime atau tinta sablon
  3. Kertas HVS Coated