Tips dasar menjadi seorang desainer grafis

Ketika seseorang telah memutuskan untuk berkarir didunia desain grafis pasti dia sudah tahu dan sudah paham betul mengenai segala konsekuensinya baik itu bekerja secara profesional maupun bekerja secara freelanc. Yang saya maksud profesional disini adalah ketika anda bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang desain grafis tentunya dimana anda akan menerima gaji di setiap bulanya, dan bekerja freelanc adalah ketika anda bekerja sendiri tanpa ada ikatan dengan pihak lain.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum terjun dalam bidang desain grafis terutama bagi anda yang berniat untuk menjadi freelanc yang harus memiliki kemampuan ekstra.tentunya ini sangat berpengaruh untuk menjadi seorang desainer yang sukses.

Ada beberapa poin yang perlu anda ketahui, banyak yang perlu dipelajari, dan penagalamanlah yang akan menjadi guru seiring dengan berjalannya waktu. Berikut ini adalah poin pentingnya

  1. Komunikasi yang efektif

Ketika anda memperoleh klien maka tetap berhubungan baik dengan klien tersebut, karena ini sangat penting untuk memberikan pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dari klien. Jadi ketika anda memiliki ide dan ingin memberikan sesuatu yang lain namun bisa jadi klien memiliki ide lain selama proses desain, maka komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan agar tidak terjadi miss dalam menyampaikan ide dan gagasan jangan malu untuk bertanya kepada klien jika mungkin punya ide atau gagasan daripada ketika anda sudah bekerja susah payah tapi teryata si klien memiliki gagasan yang jauh berseberangan dengan anda. Hal ini tentu akan membuat proses memakan waktu yang lama jika anda bisa mendapatkan kepercayaan klien maka ini bisa menjadi kunci proyek yang akan terus berlanjut dikemudian hari.

 

  1. Harga yang sesui

Jika anda seorang pemula di bidang desain grafis pastikan anda mempelajaripasar terlebih dahulu sebelum menawarkan sesuatu ke klien. Pada awalnya mungkin akan sedikit membuat harga lebih rendah daripada desainer grafis berpengalaman pada poin ini akan terasa sangat tepat bagi anda untuk menunjukan kemampuan anda. Menunjukan skill terbaik demi kepuasan klien buat klien terpukau dengan hasil yang anda kerjakan.

 

  1. Dengarkan klien

Anda harus tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan klien dari anda. Desain grafis yang berpengalaman pun terkadang masih merasa frustasi ketika mereka bekerja total dan bahkan berlebihan dengan harapan klien akan cocok dan suka dengan hasil yang kita kerjakan namun ketika diajukan ke klien teryata klien hanya meminta sesuatu yang sangat sederhana dan simpel. Jadi mintalah klien anda untuk menentukan gaya yang diinginkan dan tingkat kebebasan dalam menyelesaikan proyek tersebut. Idealnya adalah klien menunjukan contoh pekerjaan dengan hasil akhir yang diinginkan. Gunakan waktu sebaik mungkin dengan bekerja pada poin yang jelas daripada bekerja namun anda hanya menebak nebak apa yang klien inginkan

  1. Mencintai Pekerjaan

Mencintai pekerjaan adalah kunci keberhasilan dalam bisnis. Anda tentu bisa membayangkan bagaimana saat bekerja dalam kondisi tertekan dan terpaksa dengan bekerja dengan perasaan yang senang. Sebuah perasaan cinta akan menurun ketika anda mendapat inspirasi dan kreativitas dengan lebih mudah. Anda tidak akan merasa bosan berjam-jam duduk didepan komputer dengan banyaknya tugas pekerjaan, ketika anda mencintai pekerjaan yang sedang anda lakukan. Dan ketika rasa bosan menghinggapi anda secara berkepanjangan, maka saya rasa pekerjaan desain grafis tidak cocok bagi anda

 

Segala sesuatu membutuhkan proses. Maka jangan takut untuk mencoba. Jangan mudah frustasi dengan kesalahan, justru jadikan kesalahan tersebut sebagai pelajaran untuk menemukan sesuatu yang lebih baik.

Demikian dari saya semoga bermanfaat bagi teman teman