Terdapat 7 jenis logo dan bagaimana menggunakannya

Logo adalah sebuah gambar berupa bentuk atau simbol yg mewakili sebuah usaha anda, tapi tahukah anda terdapat 7 jenis bentuk logo yang berbeda.

Meskipun terdapat jenis logo dari kombinasi tulisan dan gambar, setiap jenis logo akan memberikan kesan atau brand dengan rasa atau kesan yang berbeda. Sejak kesan pertama yang tampil atas pandangan pertama dari konsumen anda tentu anda ingin memberikan kesan yang terbaik. Ok berikut sedikit hal yang perlu anda ketahui dalam memilih jenis logo yang tepat untuk bisnis anda.

Kata dan huruf

  1. Bentuk berupa huruf atau logo monogram.

Banyak contoh perusahaan dengan bentuk yang ringan atau simpel dalam menggunakan jenis logo ini, seperti: IBM, CNN, HP, HBO dan lain sebagainya. Mereka menggunakan inisial nama mereka dengan hasilnya bentuk logo yang mudah diingat. Pemilihan logo ini pun memberikan kesan yang sangat efektif dimana cukup singat untuk diingat.

Umumnya mereka membuat sendiri jenis huruf yang mereka gunakan dan tentu ini wajib bagi anda yang ingin menggunakan jenis logo seperti ini karena banyak resiko bagi anda yang menggunakan jenis huruf yang gratisan tanpa memodifikasi atau merubah bentuk lain.

  1. Logo berbentuk kata atau sebaliknya yang disebut juga logotypes.

Seperti halnya juga dapat disebut logo dengan susunan huruf atau logo lettermark yang menjadi keputusan yang harus tepat dalam memilik kata yang akan dibentuk menjadi logo. Pilihlah logo dengan sesuatu hal yang ringan disebut, gagah ataupun feminim, berkesan kelas tinggi dan tentu tidak lupa berbobot dalam penyebutan. Contoh logo ini seperti visa, google, yahoo dimana mudah diingat dan ringan disebutkan tidak lupa juga seperti “kelas desain”

Gambar dan simbol

  1. Logo bentuk gambar atau disebut juga logo simbol.

Logo berbentuk gambar yang juga biasa disebut brand berbentuk logo atau logo simbol dimana sebuah bentuk mapun juga ikon yang didesain secara khusus dari sebuah bentuk disekitar kita yang mewakili kekuatan perusahaan tersebut. Dapat kita lihat contoh perusahaan besar yang menggunakan jenis logo ini, seperti Apple Computer, Twitter dan masih banyak perusahaan besar lainnya.

  1. Logo dari bentuk abstrak.

Agak sedikit sama dengan hal jenis logo berbentuk logo yang diambil dari bentuk sekitar kita namun jenis logo ini memiliki karakter yang berbeda dengan bentuk yang agak sulit dikenal dimana contoh logo ini seperti logo pepsi, adidas dan lain sebagainya dengan bentuk hasil imajinasi dari pembuat yang cukup kreatif.

  1. Maskot

hmmmm iya maskot yang terkadang lucu namun ada yang mampu membuat logo tersebut berkelas dengan kesan yang baik, seperti logo KFC dengan maskotnya colonel sanders.

Logo dengan Kombinasinya

  1. Logo dari bentuk kombinasi.

Disini dapat kita lihat logo dengan kombinasi kata dan bentuk, susunan huruf dengan bentuk seperti contoh logo Lacoste dengan buayanya, logo burger king dengan bentuk burger yang besarnya. Bentuk logo ini harus tepat dalam penempatan antara logo tulisan dan gambarnya.

  1. Logo berbentuk emblem.

Umumnya jenis logo ini memiliki jenis logo dengan emblem didalamnya yang terdiri dari tulisan dan simbol yang cukup ikonik, seperti logo motor harley davidson, starbucks dan lain sebagainya. Mereka yang menggunakan jenis logo ini biasanya jenis usaha otomotif, pendidikan dan juga pemerintahan namun kembali dalam pilihan dalam memilih jenis logo yang akan dibuat.

Ok ini sedikit yang dapat kami jelaskan dalam tahapan awal membuat logo dengan memilih jenis logo yang akan dibuat tentu jenis logo yang hasilnya mudah diingat, mudah ditangkap secara visualnya itu menjadi logo yang baik dan tepat.

Sumber: Internet