Software atau perangkat lunak desain grafis terbaik dan gratis

Ga banyak orang punya uang untuk menyisihkan sebagiannya untuk membeli perangkat lunak desain grafis seperti photoshop, illustrator ataupun coreldraw, baik itu mereka yang baru memulai bisnis dunia desain.

Ya ga bisa dibantah lagi software berbayaran ini memiliki kelebihan yang sudah tidak dapat dibantah lagi dan teruji dengan baik. Berikut beberapa perangkat lunak atau softwre desain grafis yang patut menjadi pilihan Anda sebagai pengganti perangkat berbayar tadi agar pekerjaan Anda tampil lebih baik lagi penuh percaya diri.

Software berbasiskan format gambar vektor

  1. Gravit Designer

Dapat dioperasikan secara online melalui web based, PC Windows, MAC, Linux, ChromeOS. Sebelumnya dikenal sebagi Gravit dan berubah menjadi Gravit Designer dengan kemampuan yang terus berkembang sebagai software berbasiskan format gambar vektor. Cocok untuk berbagai pekerjaan mulai desain layout hingga membuat icon untuk kebutuhan presentasi dan animasi.

Dengan tampilan yang sederhana bukan berarti tidak dapat menghasilkan sesuatu yang wah, software gratisan ini memiliki dasar kebutuhan untuk desain vektor dari pen tool, path graphs, knife tool dan lain sebagainya. Tidak kalah Gravit Designer ini memiliki paket gratisan untuk kebutuhan desain Anda seperti clip art dengan berbagai kategori.

Untuk hasil pekerjaan dapat di eksport ke berbagai format seperti PDF, SVG atau bitmap, dan apabila pekerjaan yang sudah Anda kerjakan ini dapat disimpan secara online dengan Gravit Cloud yang akan dapat diakses dimana saja.

  1. Vectr

Dapat dipergunakan secara online berbasiskan web, Mac, Windows, Linux, Chromebook. Hadir secara online web based dan secara aplikasi yang berdiri sendiri di desktop komputer Anda. Vectr adalah editor gratisan untuk membuat desain vektor 2D (dua dimensi). Dengan berbagai fitur yang hadir mampu menghasilkan kreasi yang bagus dengan adanya filter efek, shadows dan fonts dan dapat pula disimpan secara online dan dapat dikerjakan dimana saja.

  1. SVG-Edit

Dapat digunakan secara online web based saja. Jika Anda mencari editor yang ringkas dan cepat untuk menghasilkan file format SVG. Saat ini banyak editor seperti ini yang memiliki kemampuan yang sama baiknya dengan Adobe Illustrator. SVG (Scalable Vector Graphics) adalah format terbuka yang memperbolehkan membuat ulang aplikasi pengolahan gambar tersebut dan salah satu aplikasi terbaik tersebut adalah SVG-Edit.

Bagi Anda yang berkecimpung didunia pemograman berbasiskan web maka ini merupakan salah satu produk yang dapat Anda olah ulang kembali menjadi sebuah aplikasi baru yang lebih baik. Aplikasi ini dibangun secara keseluruhan menggunakan HTML5, CSS3 dan JavaScript tanpa membutuhkan pemrosesan secara sever-side. Jadi hanya dapat digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen namun setelah dibuka sumber aplikasi ini maka dapat di modifikasi dan dibuat sesuai versi anda sendiri yang anda inginkan.

Artikel ini bersambung …ditunggu kelanjutannya….

Sumber: Internet