Skill Desainer Grafis

Skill Desainer Grafis

Guys untuk membuat sebuah karya desain yang menarik dan bisa diterima serta menyesuaikan dengan tren dan pesannya tersampaikan maka ada beberapa hal yang wajib dimiliki oleh seorang desainer grafis yaitu:

  1. Gambar/Foto
    Foto atau gambar merupakan unsur desain yang sangat penting. Gambar sangat mendukung dalam desain karena membuat desain menjadi lebih hidup.
  2. Font
    Selain foto seorang grafis desainer wajib memiliki koleksi font / jenis huruf sebagai penunjang desainnya. Pemilihan jenis font yang tepat yang akan dipergunakan dalam desain akan membuat desain yang sederhana sekalipun akan terlihat menarik dan eye catching
  3. Skill
    Yang dimaksud skill di sini adalah skill dalam penggunaan software desain. Beberapa software desain yang sering digunakan untuk bitmap antara lain Adobe Photoshop, Corel Photo Paint. Untuk vektor antara lain Adobe Illustrator, Corel Draw, Adobe Freehand. Untuk layout desain biasanya menggunakan Adobe InDesign.

Skill penggunaan software bisa dipelajari lewat sekolah desain atau kursus desain. Bahkan     jika mau bisa dipelajari secara otodidak melalui buku-buku desain ataupun referensi             website desain. Seperti yang saya lakukan, saya belajar desain secara otodidak sejak           tahun 2003, meskipun di tahun 2012 saya mengambil kursus desain selama 6 bulan             hanya ingin mengetahui teori desain apa saja yang diajarkan dalam literatur pendidikan         desain dan memperdalam desain grafis fundamental serta desain komunikasi visual.

Tetapi ingat penguasaan software-software desain hanya merupakan tools atau alat saja         sebagai penunjang untuk memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan desain Anda.             Tanpa penguasaan software pun Anda bisa membuat desain secara tradisional                       melalui hand drawing yang tidak semua orang mempunyai kemampuan ini. Jadi skill             menguasai software hanya sebagai sarana pelengkap saja sebagai desainer grafis.

  1. Sense of Desain
    Dari 3 hal yang telah disebutkan sebelumnya ada satu hal yang paling penting bagi seseorang desainer grafis, yaitu Sense of Design. Untuk foto bisa mudah dikoleksi, begitu juga font sangat mudah dikoleksi. Skill bisa dipelajari melalui sekolah maupun kursus tetapi untuk sense of designsangat bergantung karena hal ini berkaitan dengan bakat seseorang.

    Sense of design ini mencakup secara keseluruhan dari sebuah karya desain seperti               pemilihan warna yang tepat, layout yang eye catching, permainan jenis font yang                   menarik, foto yang sesuai dengan tema yang inginkan sehingga menghasilkan karya             desain yang dapat diterima secara layak. Tidak ada cara lain untuk mengasah sense of         design ini selain dengan berlatih terus menerus sampai mendapatkan sense nya.

  1. Konsep Desain
    Dari ke empat hal yang wajib dimililiki ada satu hal yang benar-benar wajib dimiliki, yaitu seorang desainer grafis harus mempunyai sebuah konsep desain dalam membuat suatu project desain karena itu akan menuntun dia agar hasil desainnya sesuai dengan permintaan kliennya. Suatu konsep desain sangat diperlukan agar hasil yang dicapai tidak melenceng dari yang diharapkan dan pesan yang disampaikan sesuai dengan targetnya jadi bukan hanya sekedar tampilan yang bagus saja.

 

Itu dia beberapa tips untuk seorang desainer grafis, terimakasih