Setting & Membuat Brush di Adobe Illustrator

0
248

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat dan menyetting Brush pada Adobe Illustrator. Pada versi CS5 kita akan menemui fitur baru yaitu “Width Profile” dimana ada beberapa pilihan. Bagaimana jika pada Adobe Illustrator kita tidak terdapat profile ini? Nah tutorial kali ini adalah ‘mencontek’ profile yang ada pada versi CS5.Pada Illustrator CS5 terdapat fitur baru yang dapat kita temui pada window “Stroke Option” dan berada paling bawah, yaitu Profiles.

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat brush serta pengaturan Width Profiles pada Adobe Illustrator. Kita akan mempelajarinya step by step, dimana terdapat 6 Width Profiles serta 1 uniform profile.

Untuk Uniform profile, kita tidak akan kupas lebih terperinci karena profile ini sangat sederhana dan ada secara default. Sekarang kita akan langsung menuju ke profile pertama!

Setting Brush: Width Profile 1

Profile yang pertama ini sangat keren, karena dengan profile ini kita berasa seperti menggunakan tablet grafis dengan kesan pressure. Untuk membuat profile ini caranya cukup mudah. Pilih Ellipse Tool (shortcut L) kemudian setting dengan lebar 12pt dan tinggi 3pt. Kemudian pilih Convert Anchor Point Tool (Shift+C), double klik pada masing-masing ujungnya hingga membentuk lancip.

Setelah itu pastikan shape yang kita buat tadi sudah terseleksi dan kita pilih tombol “New Brush” kemudian pilih “New Art Brush”. Setelah itu akan muncul jendela baru dengan beberapa pengaturan. Sekarang kita setting dengan width 30% dan mengubah opsi Method menjadi “Tints” yang mana pilihan method ini dimaksudkan bahwa warna stroke akan mengikuti warna yang Anda pilih.

Nah, hasil yang kita buat dengan Adobe Illustrator versi dibawah CS5 hampir mirip dengan Width Profile 1 pada CS5.

Setting Brush: Width Profile 2

Untuk profile kedua ini hampir mirip dengan profile 1, hanya saja pada profile 2 ini lebih terkesan ada 2 goresan. Kita buat elips seperti step sebelumnya, hanya saja dengan settingan “Width = 20 pt” dan “Hight = 3 pt”. Gunakan “Convert Anchor Point Tool” sehingga elips tadi ujungnya berbentuk runcing. Duplikasi bentuk tadi dengan cara menahan tombol Shift+Alt dan geser hingga posisi seperti pada gambar dibawah ini dan pastikan kedua shape rata tengah (Vertical Align Center) setelah itu gabungkan kedua shape tersebut dengan opsi Unite yang ada pada fitur Pathfinder.

   

Langkah selanjutnya yaitu menumpulkan sudut pada masing-masing ujung dengan Pen Tool. Arahkan kursor pada ujung sudut hingga keluar tanda minus “-” dan klik sudut tersebut sehingga sudut itu akan hilang. Ulangi cara tersebut pada sudut yang lain.

Masih dengan cara yang sama, kali ini kita akan menghilangkan sudut yang ditengah dan menggantinya dengan 4 sudut sehingga terlihat lebih halus.

Setelah itu kita akan menjadikannya koleksi brush seperti pada step sebelumnya, yaitu Width 30% dan Method = Tints.

Hasil yang kita buat tidak beda jauh dengan settingan default Width Profile pada CS5

Setting Brush: Width Profile 3

Untuk profil ketiga lebih sederhana, yaitu membuat segi enam dari persegi panjang seperti gambar beikut ini:

Untuk menambah point/anchor gunakan Pen Tool hingga kursor berubah menjadi tanda plus “+”, sedangkan untuk menghapus point pastikan kursor berubah menjadi tanda minus “-“. Jika sudah seperti gambar diatas. Setelah itu simpan brush tersebut dengan settingan yang sama, dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan settingan pada Adobe Illustrator CS5.

Setting Brush: Width Profile 4

Untuk profile keempat, kita buat segitiga dari persegi panjang dengan step seperti gambar ini:

Dan hasilnya seperti ini

Setting Brush: Width Profile 5

Profil kelima berdasar bentuk oval dengan settingan “Width = 12 pt” dan “Hight = 3 pt”. Setelah itu masing-masing ujungnya dibuat lancip seperti step sebelumnya, dan kemudian ujung sebelah kiri kita tarik memanjang dengan cara pilih Object > Transform > Move dengan settingan seperti berikut ini:

Dengan Pen Tool kita ubah ujung kanan dan kiri sehingga lebih smooth.

Dan ini adalah perbandingannya:

Setting Brush: Width Profile 6

Profil keenam masih menggunakan bentuk dasar oval dengan settingan Width = 20 dan Hight = 12 pt. Setelah itu buat bentuk oval tersebut hingga tersisa separuh.

Dari separuh oval itu kita potong lagi dan kemudian masing-masing ujungnya kita buat smooth.

Setelah itu simpan settingan brush tersebut dan kita bandingkan dengan settingan default milik Adobe Illustrator CS5:

Itu tadi cara kita membuat Brush dengan settingan yang ada pada Width Profile milik Adobe Illustrator CS5.

Leave a Reply