Senangnya Bermain Warna :)

Warnailah duniamu. Dunia ini terlihat indah karena banyaknya dan begitu beragamnya warna warni kehidupan. Dalam dunia desain grafis pun kita juga dituntut untuk mampu mengenal dan mengkombinasikan setiap warna, sehingga jika kita mampu memainkan dan mengatur warna-warna yang menarik, bukan tidak mungkin, karya yang kita buat akan terlihat istimewa dan meninggalkan kesan yang sangat mendalam serta membuat indah dan sangat memanjakan bagi para penerimanya.

Berikut ini merupakan harmoni warna yang perlu kita ketahui. apa saja sih isinya. Langsung saja yuk kita belajar bersama-sama :

  1. Monokromatik : Skema yang menggunakan satu warna. skema ini terlihat bersih dan lebih elegan.
  2. Complementary : Warna yang berlawanan antara satu dengan yang lainnya. Disinilah terlihat sekali kontras warna yang sangat jelas.
  3. Analogous :Skema yang menggunakan warna yang bersebelahan pada roda warna. Terlihat harmonis dan enak sekali dipandang.
  4. Triadik : Skema yang menggunakan 3 roda warna dan antar sumbu memiliki spasi 3 warna. Untuk lebih mudah dalam mengingatnya yaitu setiap sudut dari skema ini membentuk sudut 120 derajat.
  5. Split Complementary :Variasi warna dengan dua skema warna disamping kanan kiri warna komplementernya. sumbu dari ketiga skema ini membentuk huruf Y.
  6. Tetradic : Skema yang menggunakan dua pasang warna komplementer. Jika kita bisa membiarkan satu warna dominan maka skema ini bisa menjadikan kerja kita menjadi lebih indah dan menarik, serta desain kita terlihat lebih berwarna dan lebih hidup.

Terima kasih dan semoga bermanfaat

tetap semangat, jangan lupa terus belajar dan berkarya sahabat desain : )

sumber image : google image