Seleksi Warna di Photoshop

z

      Kita dapat melakukan seleksi warna di photoshop dengan melakukan seleksi warna tertentu pada foto menggunakan perintah Select>Color Range. Misalnya pada kasus anda ingin mengubah foto menjadi hitam putih tapi tetap menginginkan warna obyek tertentu dipertahankan untuk memberikan efek artistik dan fokus. Jika obyek tersebut memiliki banyak warna berbeda, sebaiknya gunakan tool seleksi. Untuk lebih jelas, lihat tutorial cara seleksi warna pada photoshop. Tapi jika obyek tersebut memiliki warna yang solid, akan lebih mudah dan cepat jika kita menggunakan perintah Select>Color Range. Agar foto aslinya tidak rusak sebaiknya gunakan adjustment layer. Keuntungan lain menggunakan adjustment layer adalah jika kita kurang puas dengan hasilnya, kita hanya perlu menghapus adjustment layer tersebut. Foto aslinya tetap tidak terganggu. Berikut ini caranya:

1. Buka file foto anda menggunakan Photoshop.

Pilih File>Open atau tekan tombol Ctrl+O untuk membuka file foto anda. Pilih foto anda kemudian klik tombol Open.

zzGambar: Buka file foto menggunakan Photoshop.

  1. Seleksi warna yang anda inginkan.

Pilih menu Select>Color Range. Akan muncul kotak dialog Color Range. Pada drop down select pilih Sampled Colors. Geser slider Fuzziness ke nilai 80. Klik icon Eye dropper Tool kemudian klik pada area foto mana anda akan memilih warna. Untuk foto contoh saya akan mengklik ayam. Cukup klik satu kali pada warna yang anda inginkan jika merupakan warna yang solid.

Kotak Dialog Color Range

zzz

Gambar: Kotak dialog Color Range.

3. Seleksi warna lain (optional).

Jika obyek foto yang ingin anda seleksi tidak memiliki warna solid, maka klik kembali warna lainnya. Klik icon Add to Sample kemudian klik warna lainnya dalam foto. Kita lihat obyek ayam dalam foto contoh memiliki warna yang berbeda. Saya akan mengklik di bagian kepala, jambul dan ekor untuk mendapatkan obyek ayam utuh. Kemudian klik tombol OK. Anda akan melihat seleksi untuk warna-warna yang anda telah pilih.

zzzz

Gambar: Pilih warna lain.

zzzzzGambar: Hasil Seleksi warna tertentu menggunakan Color Range.

  1. Inversi seleksi.

Kita akan mempertahankan warna obyek ayam dan mengubah warna menjadi hitam putih pada area di luar seleksi jadi, kita akan melakukan inverse seleksi. Pilih menu Select>Inverse atau bisa menggunakan shortcut Shift+Ctrl+I.

  1. Ubah warna pada area seleksi dengan Hue/Saturation.

Klik icon Hue/Saturation palette Adjustment yang terletak di sebelah kanan diatas layer palette. Pada properti geser slider Saturation ke nilai -100. Klik tanda panah ke kanan untuk menutup Properties Hue/Saturation. Anda akan melihat area seleksi menjadi berwarna hitam putih kecuali warna ayam dan pada obyek-obyek lain yang memiliki warna serupa seperti rumah dan langit

s

Gambar: Klik icon Hue/Saturation..

ssGambar: Saturation diterapkan pada adjustment layer.

  1. Simpan file projek dengan pilihan menu File>Save.

Tidak perlu kuatir warna foto anda rusak karena hue/saturation hanya diterapkan pada layer. Jika ingin mengembalikan ke warna aslinya tinggal delete layer hue/saturation atau mengklik icon visibility options yang bergambar mata.
Berikut ini hasilnya:

sss

Gambar: Hasil Seleksi warna tertentu.

 

Berikut ini hasil seleksi pada warna tertentu untuk foto dengan warna solid:

ssss

Gambar: Hasil seleksi untuk warna solid.

Sumber Gambar: National Geographic.