Sekilas Tentang Teori Warna Dalam Desain Grafis

Assalammualaikum wrwb

Kalo bicara tentang warna sih emang ga ada habisnya dah, ribuan warna yang kita tau sudah pasti pernah kita lihat dan kita jumpai dibelahan dunia ini. Tentang teori warna ini sendiri sih dibahas oleh Teori Brewesten yang waktu itu dikemukakan pada tahun 1831. Dan teori warna ini sendiri dibagi menjadi menjadi 4 kelompok warna yaitu warna primer, warna sekunder, warna tersier, dan warna netral.

teori-warna-1

Warna Primer
Merupakan warna dasar yang tidak merupakan cxampuran dari warna-warna lain. Warna ini termasuk kedalam golongan seperti merah, biru, kuning. Pada awalnya manusia mengira bahwa warna primer tersusun atas merah, kuning, dan hijau namun dalam pengertiannya warna primer itu adalah:
Merah (Seperti darah)
Biru (seperti langit atau laut) dan
Kuning (sperti kuning telur)

Ini kemudian dikenal sebagai warna pigmen yang dipakai dalam desain grafis dan seni rupa
Dalam industri percetakan untuk mengahasilkan warna bervaiasi diterapkan pemakaian warna primer subtraktif yaitu magenta, kuning dan cyan dalam ukuran bermacam-macam. CMYK didapat dari mengurai tinta.

teori-warna-2

Warna Sekunder
Merupakan haisl pencampuranb warna primer dengan proporsi 1:1. Contohnya warna jingga merupakan hasil dari warna campuran merah dengan kuning sementara hijau adalah campuran biru dan kuning, serta ungu campuran merah dan biru.

teori-warna-3

Warna Tersier
Adalah merupakan campuran dari salah satu warna primer dengan warna sekunder. Contohnya adalah warna jingga kekuningan yang didapat dari pencampuran warna kuning dan jingga

Warna Netral
Warna netral merupakan hasil dari ketiga warna dasar dalam perbandingan 1:1:1. biasanya hasil dari pencampuran tepat menuju ke warna hitam

Wassalammualikum wrwb

Sumber: http://www.ahlidesain.com/teori-warna.html