Retro vs Vintage

0
371

banyak diantara kita yang nggak bisa ngebedain antara retro dan vintage. Bahkan orang dengan gampang nyebut desain yang mengusung tema tempo doeloe dengan sebutan RETRO.

Sebenarnya apa sih beda dari keduanya

disini saya akan mencoba berbagi sedikit pengetahuan saya tentang retro dan vintage.

nah broo.. saya bakalan mendefinisikan retro dan vintage menurut waktu atau dekade nya.

Vintage jiga saya gambarkan dengan waktu yaiutu mungkin kisaran tahun 1920 – 1960

kalau Retro sekitar tahun 1970 – 1990 an lah…

Ciri-ciri Desain Vintage dan Retro

Desain vintege lebih banyak menggunakan warna-warna natural kesan hangat biasanya menggunakan unsur warna kecoklatan, Desain Retro lebih banyak warna

Jika kita kurang jeli memang sedikit sulit untuk membedakanya, tapi jangan takut…karena tidak ada peraturan kusus yang membedakan kedua jenis desain tersebut. oke broo langsung saja kita bahas dalam contoh desain berikut ini.

Perhatikan masing-masing gambar berikut ini jika kita berpedoman pada penjelasan diatas maka kita akan tahu mana desain retro dan mana desain vintage.

Berikut ini adalah contoh desain retro, desain klasik namun memiliki unsur-unsur modern, jika kita lihat desain desain retro akan mengingatkan pada masa era 70 – 90an.

retro1 apple-retro-wallpaper

 

Dan berikut ini adalah desain vintage, terkesan sederhana dan memiliki kesan masa-masa teknologi percetakan yang masih belum modern. Dalam contoh ini kita melihat warna-warna coklat namun tidak harus desain vintage berwana coklat bisa saja menggunakan warna-warna tertentu

 

vintage1 vintage2

 

udah ngerti belum ? hehehe

semoga ngerti lah …

makasih udah baca artikel saya…

Leave a Reply