Program Desain Grafis

Assalammualaikum..

Seorang desainer grafis yang handal dalam melaksanakan berbagai aktivitas grafis selalu memiliki kreativitas yang tinggi. Desainer grafis harus pandai untuk menciptakan ide-ide yang brilian serta mengemasnya dengan kreativitas & skill yang tinggi sehingga pesan dari ide tersebut dapat ditangkap oleh konsumen.

Kemampuan dalam penguasaan program desain grafis bagi seorang desainer begitu maha penting untuk menvisualisasikan sebuah ide yang merupakan pelengkap bagi sebuah karya. Bagi seorang desainer grafis penciptaan ide dan kreativitas dalam pembuatan sebuah karya sangat tinggi nilainya sehingga pesan dari ide tersebut dapat sampai dan diterima oleh publik.

Oleh karena itu, desainer sangat berkompeten untuk mengetahui dan mengusai program-program desain grafis. Program desain grafis dapat disesuaikan bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya. Berikut ini, beberapa program desain grafis yang harus diketahui oleh seorang desainer, sebagai beritku.

Program Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)

Program desain grafis ini sering dipergunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Kelebihan dari program ini adalah mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, dan Quark Xpress.

  1. Program Aplikasi Pengolah Vektor/Garis

Program desain grafis ini juga dapat dipergunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, dan Micrografx Designer.

  1. Progarm Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar

Program desain grafis ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Perlu diperhatikan bahwa semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Selain itu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Yang termasuk dalam aplikasi ini, antara lain Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright Image, Pixelmator, Manga studio, Gimp, dan Pos Free Photo Editor.

  1. Program Aplikasi Pengolah Film/Video

Program desain grafis yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Sperti, pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Pada umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini, antara lain Adobe After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition, dan Camtasia.

  1. Program Aplikasi Pengolah Multimedia

Program desain grafi ini biasanya dapat digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia, misalnya berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya serta dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancang sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, Ezedia, Hyper Studio, dan Ovation Studio Pro.

  1. Pengolah 3 dimensi

Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain Xara 3D, 3Ds Max, Houdini, Lightware, Blender, Pixar, Maya, Poser, dan AutoCad.

  1. Software tipografi

Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain Fontographer dan AMP Font Viewer.

Sekian semoga Artikel ini bermanfaat buat kalian semua..
Makasih dah singgah di Blog saya, jangan lupa tinggal kan komentar, kritikan, saran, dan masukan buat saya, agar blog  ini dapat trus berkembang dan bermanfaat untuk saya dan kalian semua. 🙂

Wassallamualaikum wr.wb…

Sumber: kharisgun blogspot