Profesi Dalam Bidang Desain Grafis

Hy teman-teman,kali ini kita akan membahas tentang siapa saja sih,para pelaku desain atau para desainer grafis??.Dalam dunia desain grafis banyak profesi yang terlibat didalamnya atau yang lebih dikenal dengan pelaku desain,bahas satu-satu yuks:

1.Drafter

Ialah orang yang membuat suatu gambar,sketsa atau rancangan desain.Para desainer ini akan mengaplikasikan lewat sketsa tentang apa yang diimajinasikan client.Software yang sering digunakan adalah Autocad,Arhicad,3d Revit Architecture.

2.Editor

Tugas para Desainer Editor ialah mencari, memperbaiki dan menerbitkan,entah itu majalah,cover,sampul,banner,dll.Software yang sering digunakan ialah corel draw,adobe photoshop,adobe illustrator,dsb

3.Layouter

Ialah desainer yang mendesain dan memastikan tata letak sebuah layout terlihat baik dan nyaman dipandang mata.Para Layouter ini biasanya dikhususkan untuk mendesain majalah,koran,dsb.Dan seorang layouter harus menguasai image editor,vector graphic dan dekstop publishing.

4.Art Director

Art director ialah orang yang memantau dan memastikan sebuah tim kreatif bekerja dengan baik.Namun tidak hanya itu terkadang seorang Art director bisa terlibat untuk membuat suatu desain.

5.Photografer

Bidang yang membutuhkan talenta dan intelegen tinggi untuk menghasilkan gambar yang bernilai tinggi.Bahkan terkadang merangkap vidio editor.

6.Animator

Desainer yang dibutuhkan untuk bidang motion graphic maupun film fantasi.Jika kita melihat sebuah film animasi,maka untuk membuat tokohnya adalah “makanan rutin” para desainer inisoftware yang digunakan biasanya adalah macromedia flash,adobe flash,after affect,dsb

7.Video Editor

Sesuai namanya,desainer ini bertugas mengeedit vidio atau film.Tentu saja desainer pada bidang ini harus memiliki daya imaginasi yang tinggi.software yang digunakan adobe after effect,macromedia,dsb.

Ini adalah contoh kecil dari sekian banyak profesi dalam dunia desain grafis.Gimana?kamu berminat menjadi salah satunya?terus berlatih dan tetap semangat ya;)