Prinsip prinsip desain menurut Dieter Rams

vitsoe-dieter-rams-portrait-by-anne-brassier

Mungkin diantara kalian ada yang belum mengenal sosok seorang Dieter Rams.
Dieter Rams adalah salah satu designer jadul yang inspiratif, beliau adalah seorang desainer industrial, head of designer di Braun, perusahaan manufaktur elektronik di jerman (1932). Karya-karyanya banyak menginspirasi desainer-desainer sampai sekarang, salah satu desainer yang terpengaruh olehnya adalah Jony Ive, Desainer di Apple.
Tanpa kita sadari, ada beberapa aturan universal yang hadir dalam mendesain. Pedoman aturan ini dapat kamu aplikasikan ke segala macam konsep maupun desain.
inilah 10 prinsip prinsip desain menurut Dieter Rams

Desain yang baik adalah inovatif

Kemungkinan untuk inovasi dengan cara apapun itu tidak melelahan. Perkembangan teknologi selalu menawarkan peluang baru untuk desain yang inovatif. Tapi desain inovatif selalu berkembang seiring dengan teknologi yang inovatif, dan tidak pernah bisa menjadi tujuan itu sendiri.

Desain yang baik membuat produk berguna

Sebuah produk dibeli untuk digunakan. Hal ini untuk memenuhi kriteria tertentu, tidak hanya fungsional tetapi juga psikologis dan estetika. Desain baik menekankan kegunaan produk sementara mengabaikan apa pun yang mungkin bisa menguranginya.

Desain yang baik adalah estetika

Kualitas estetika dari suatu produk merupakan bagian integral kegunaannya karena produk yang digunakan setiap hari dan memiliki efek pada orang-orang dan kesejahteraan mereka. Hanya benda yang dilaksanakan dengan baik dapat menjadi indah.

Desain yang baik membuat produk  mudah dimengerti

Ini menjelaskan struktur produk. Lebih baik lagi, itu bisa membuat produk secara jelas mengungkapkan fungsinya dengan memanfaatkan intuisi pengguna.

Desain yang baik itu jujur

Itu tidak membuat produk yang lebih inovatif, kuat atau berharga daripada yang sebenarnya. Jujur itu tidak berusaha untuk memanipulasi konsumen dengan janji-janji yang tidak bisa dilaksanakan.

Desain yang baik adalah desain yang tidak mencolok

Produk memenuhi tujuan itu seperti alat. Desain mereka harus netral dan terkendali, untuk meninggalkan ruang untuk ekspresi diri sang pengguna.

Desain yang baik itu awet

Ini menghindari menjadi modis dan karena itu tidak pernah kuno. Tidak seperti desain modis, hal ini berlangsung bertahun-tahun – bahkan dalam masyarakat hari ini.

Desain yang baik itu teliti sampai ke detil terakhir

Perawatan dan akurasi dalam proses desain  menunjukan penghormatan terhadap konsumen.

Desain yang baik adalah ramah lingkungan

Desain membuat kontribusi penting untuk kelestarian lingkungan. Ini menghemat sumber daya dan meminimalkan pencemaran fisik dan visual selama siklus hidup produk tersebut.

Desain yang baik adalah Desain yang Sesedikit Mungkin

Sedikit, tetapi lebih baik – karena berkonsentrasi pada aspek-aspek penting, dan produk yang tidak dibebani dengan hal irelevan. Kembali ke kemurnian, kembali ke kesederhanaan.

 

Original Post www.idsesucation.com