Prinsip-prinsip Desain Grafis

Assalamualaikum, Kali ini saya akan membahas tentang Prinsip prinsip desain grafis. Dalam bekerja desainer grafis harus mempertimbangkan sebagai macam prinsip untuk mencapai hasil akhir yang baik. prinsip desain yang akan dijelaskan kali ini bukan sebuah nilai mati bahwa desain paling baik adalah seperti yang digunakan dalam prinsip tersebut. tetapi sebagai anjuran bahwa inilah yang seharusnya desainer grafis lakukan untuk menjadi desainer uang baik. karena sebenarnya tidak ada penilaian bagus maupun jelek dalam desain. semuanya tergantung desainer grafis. dalam arti kata tidak ada karya desain grafis yang benar maupun salah.

bitebrands-graphic-design

Berikut prinsip-prinsip Desain Grafis :

Kesederhanaan :
Banyak pakar menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi yang disampaikan. Dalam penggunaan font misalnya. Font judul, subjudul dan isi berita sebaiknya jangan menggunakan font font yang ornamental maupun njilimet. Prinsip ini dapat diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong dan tidak menggunakan terlalu banyak aksesoris. seperlunya saja.

Keseimbangan :
Keseimbangan yaitu keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Dan prinsip keseimbangan ada dua yaitu simetris dan informal
Keseimbangan Informal yait keseimbangan yang memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung tentang konsitensi dalam menggunkan berbagai elemen desain.

Kesatuan :
Kesatuan yaitu konsistensi, ketunggalan, atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi efek raster sehigga memberi kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.

Penekanan :
Penekanan dimaksudkan untuk menarik minat pembaca , sehingga iya mau membaca dan melihat bagian desain yang dimaksud. dalam konteks desain kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kontak raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca.

Irama :
Irama merupakan pengulangan unsur unsur pendukung karya yang ingin disampaikan. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.

Demikian pembahasan singkat mengenai prinsip prinsip Desain Grafis. semoga bermanfaat
Wasalamuallaikum Wr.Wb.

sumber : internet