Poster

sumber gambar:google.com

Hy guys,metz malem cemuanya (alaynya).Malam ini saya lagi lihat teman-teman yang sedang membuat poster,dapat inspirasi sedikit untuk ngshare tentang apa saja yang harus diperhatikan saat kita membuat poster.Berikut di bawah ini langkah-langkahnya :

  1. Ukuran media

Hal yang pertama dilakukan untuk membuat poster yaitu dengan cara mencari bahan yang akan di gunakan untuk poster dengan ukuran yang relatif besar, tujuan memilih ukuran yang relatif besar yaitu agar poster yang kita buat bisa mudah di lihat dan di baca oleh masayarakat, biasanya poster di buat minimal dari kertas A3.

  1. Perhatikan Gambar

Gambar adalah elemen yang penting juga dalam sebuah poster, karena gambar yang terdapat dalam sebuah poster bisa sebagai eyecatcher agar seseorang bisa tertarik untuk melihat serta membaca poster yang anda buat, kemudian pilihlah gambar yang baik, sopan, serta bisa menarik perhatian banyak orang, juga pilihlah gambar yang sesuai dengan tema poster yang sedang anda buat.

  1. Perhatikan font

Jika anda sudah memilih gambar yang tepat untuk poster anda, maka anda bisa menambahkan tulisan pada poster. Karena kadang masih banyak orang yang bisa menerjemahkan sesuatu hanya dengan gambar. Untuk itu pilihlah tulisan yang mudah di pahami serta pilihlah font tulisan yang enak dilihat dan di baca, serta jangan memilih font yang tidak bisa menyatu dengan gambar pada poster anda.

  1. Memiliki konsep/tema

Dalam mebuat poster, tema adalah hal yang paling dasar, karena jika saat membuat poster tidak memiliki konsep dan tema yang jelas, hal ini di tujukan agar poster yang anda buat bisa mudah di pahami oleh para pembaca, kemudian pilihlah gambar maupun kata-kata yang tepat dan sesuai agar poster yang di buat bisa lebih menarik.

  1. Perhatikan warna

Bagian selanjutnya untuk membuat poster anda harus memperhatikan warna yang anda pilih, karena warna juga bisa mempengaruhi ketertarikan seseorang untuk melihat poster itu sendiri. Kemudian warna juga bisa memberi kesan yang lebih inda pada poster yang anda buat. Biasanya warna dasar poster yang sering di gunakan ialah hitam dan putih, namun anda harus menggunakan kata-kata yang mudah di pahami maknanya.

  1. Perhatikan prinsip dasar layout

Poster juga membutuhkan prinsip dasar layout, yaitu penekanan, keseimbangan, alurt baca, kesatuan yang baik.

  1. Dipasang pada tempat yang strategis

Komponen yang terkhir adalah memasang poster di tempat yang strategis, strategis yaitu memiliki arti mudah di baca dan dilihat oleh masyarakat, poster juga bisa di pasang pada tempat yang banyak di kunjungi oleh masyarakat.

Nah, demikian artikel tentang apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat poster yang menarik,semoga bermanfaat.