photoshop membuat efek cipratan cat

  1. membuat background

langkah 1

Membuat Dokumen Baru di Photoshop dengan ukuran 960 x 638px. Gunakan Paint Bucket Tool (G) untuk mengisi layer background dengan kode warna #1f222a biru gelap.
Copy dan paste Bahan Cat air  ke kanvas. Sesuaikan ukuran agar sesuai latar belakang dengan memencet pada keyboard Control-T untuk Free Transform. Setelah selesai, atur Layer Blend Mode dari layer cat air untuk membagi.

http://www.tutorialdesaingrafis.com/langkah 2
selanjutnya copy dan paste bahan cat keduanya yaitu cat akrilik ke kanvas. atur layer blend mode ke luminosity
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
2. memanipulasi sepatu
langkah 1
mari kita beralih ke sepatu7 ekstrak sepatu dari latar belakang putih dengan mengunakan magic wand tool (w),cut dan paste ke kanvas. membalik sepatu dengan cara edit transfrom >flip horizontal kemudian gunakan free transfrom tool ctrl t untuk memutar sepatu
http://www.tutorialdesaingrafis.com/

langkah 2

Buat Adjustment Layer Baru dari Curves dan Klik kanan untuk mengaturnya sebagai Clipping Mask untuk sepatu. Sesuaikan sedikit warna sepatu dengan pengaturan berikut untuk RGB, biru dan Green Channels

Supaya bisa menciptakan efek percikan yang bagus, kita harus memisahkan bagian atas sepatu itu sendiri. Gabungkan sepatu dan layer Curves bersama-sama. Gunakan Polygonal Lasso Tool (L) untuk membuat seleksi pada bagian bawah sepatu.
Setelah itu pilih dan kemudian Klik kanan untuk pergi ke Layer via Cut untuk memisahkan bagian bawah sepatu menjadi layer sendiri. Gunakan Free Transform Tool (Control-T) untuk memutar kedua bagian sepatu untuk membuat sepatu menjadi terbuka di bagian kanan.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/3. menambah cipratan cat
langkah 1
Kalian dapat menggabungkan cipratan cat sesuai warna dasar sepatu tersebut atau  bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kalian. Buka Paint Splash 1 di Photoshop dan gunakan Magic Wand Tool (W) untuk memilih dan kemudian menghapus latar belakang putih. Pergi ke Image > Adjustments > Brightness & Contrast, sesuaikan Brightness dengan nilai -14 dan Contrast dengan nilai 60.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Jangan ragu untuk melewatkan langkah berikutnya jika kalian memiliki percikan cat putih yang kalian suka. Karena kami disini menggunakan cipratan biru yang kami ubah menjadi warna putih. Untuk melakukan ini, pertama pilih dan hapus latar belakang putih dengan Magic Wand Tool (W). Menuju ke Image > Adjustments > Hue & Saturation dan desaturate cipratan dengan nilai -100 Saturation.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Tahan Control-I untuk Invert cipratan menjadi grayscale, dan kemudian tingkatkan putih dengan menuju ke Image > Adjustments > Brightness & Contrast dan ubah Brightness dengan nilai 84 dan Contrast dengan nilai 46.
langkah 2
Sekarang  kita memiliki percikan disesuaikan, kita dapat menambahkannya ke TKP. Copy dan Paste cipratan cat ke kanvas dan Putar mereka agar sesuai sepatu dengan Free Transform Tool (Control-T). Jangan ragu untuk mengambil keuntungan dari pilihan Warp untuk menyesuaikan cipratan lebih jauh.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Sekarang tambahkan Layer Masks ke kedua bagian dari sepatu, juga dua cipratan. Sembunyikan layer cat putih. Gunakan Brush Tool (B) dan Soft Round Brush untuk menyapu dengan warna hitam ke Layer Mask dari cat biru untuk membantu agar lebih menyatu dengan sepatu
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Lakukan hal yang sama untuk cipratan cat putih. Cat hitam pada Layer Mask pada sepatu juga untuk menyembunyikan bagian tidak ingin ditunjukkan.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
4. mengedit cipratan cat
langkah 1
jika kalian sudah memiliki kedua cat yang di gabungkan di sepatu pilih masing masing layer mask dan klik kanan untuk menerapkan layermask untuk Untuk warna cat biru seperti bagian merah muda terang pada sepatu, gunakan Polygonal Lasso Tool (L) untuk membuat pilihan bersama dengan cat di lebar yang sama seperti yang detail pada sepatu yang berwarna pink.
Setelah memilih lapisan cat biru, menuju ke Image > Adjustments > Hue & Saturation. Sesuaikan Hue dengan nilai 107, Saturation dengan nilai 100, dan Lightness dengan nilai 19.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Ulangi proses ini untuk bagian bawah sepatu dan bersihkan setiap daerah yang terlihat kasar dengan Hard Round Brush (B).
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
langkah 2
Mari kita tunjukkan refleksi cepat dari cat putih ke cat biru. Control-J untuk menggandakan layer cat putih dan Pindahkan ke daerah cat biru. Sesuaikan layer Opacity menjadi 25% dan gunakan Eraser Tool (E) untuk menghapus setiap daerah yang tumpang tindih.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
5. menambah sentuhan air
langkah 1
Gabungkan semua lapisan sepatu bersama-sama dan menjaga agar layer background tidak terpisah. Untuk menambahkan beberapa bayangan di latar belakang dan tekstur pada sepatu, Klik kanan sepatu kemudian menuju ke Blending Options. tambahkan Drop Shadow dan efek Satin
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
langkah 2
Sekarang menetapkan Adjustment Layer Baru pada Color Lookup sebagai Clipping Mask untuk sepatu untuk menekan warna sedikit. Di sini kita ingin memperdalam warna, jadi sesuaikan pengaturan
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
langkah 3
Tambahkan Layer Baru dan set ke Overlay. Gunakan Brush Tool (B) untuk melukis highlights putih lembut ke bagian atas dari cipratan. Pastikan bahwa beberapa highlights mengenai sepatu juga.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/Untuk memperbagus hasil. Isi Layer Baru dengan warna abu-abu terang dan set ke Overlay. Gunakan Dodge Tool (O) dengan nilai 40% untuk membuat efek pencahayaan kuat
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
langkah 4
jangan pernah ragu atas efek efek yang kalian inginkan. tambahkan new adjustment layer dari curves untuk menam,bahkan kontras pada rgb chanel.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
terimahkasih semoga bermanfaat.