Peta vektor dengan binatang dan landmark

Merancang peta vektor dikemas dengan binatang dan landmark

Haii tema-teman, kali ini saya akan berbagi satu lagi ilmu dalam dunia desain grafis nih temen-temen, pernah liat peta vektor gx ? kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial membuat vektor peta yang dikemas secara unik dengan tambahan binatang-binantang lucu dan landmark, sekarang kita mulai ya..

Langkah 1

Kali ini saya terinspirasi dari peta yang terdapat pada piring saji, saya akan mencoba membuatnya terlihat lebih tajam dan menggunakan versi yang modern.

 

Langkah 2

Disini saya menggunakan kmonsep kesederhanaan ya, karena peta pantai Australia memiliki garis kontur yang bergerigi dan tidak teratur. Saya akan membuatnya menjadi datar saja namun masih menggambarkan ikon siluet. Ini termasuk dalam bentuk kesederhanaan. Untuk melakukan hal ini, saya mulai dengan hanya menelusuri peta Australia.

 

Langkah 3

Dari peta yang telah dibuat saya menutup garis kurva alaminya dengan garis lurus agar terlihat sesederhana mungkin.

 

Langkah 4

Karena Australia memilki iklim yang berbeda atau mengandung banyak iklim, jadi kita bedakan tiap-tiap tempat dengan warna yang sesuai dengan iklim, dengan merujuk pada peta iklim Australia menunjukkan negara-negara zona eco berbeda.

 

Langkah 5

Menggunakan panel Selective Colour, saya mengubah masing-masing warna iklim asli untuk palet yang lebih alami dan hangat. Jika di total saya menggunakan 12 warna.

 

Langkah 6

Agar terlihat menyatu dan luas, maka saya membuat gambar peta menjadi buram karena itu akan menciptakan satu set nada di antara warna.

 

Langkah 7

Agar warnanya terlihat seperti tanah agar warna tidak mendominasi dengan objek yang akan ditambahkan nanti, saya gunakan panel Levels untuk membuat warna lebih gelap dan kemudian panel Hue / Saturation untuk desaturate mereka.

Langkah 8

Setelah kita memakai efek buram, sekarang kita impor ke Adobe Illustrator ya…

Kemudian mulailah menggunakan alat pipet untuk memilih warna individu, kemudian ditambahkan sebagai kelompok untuk panel Swatch bersama dengan blues, netral dan cokelat.

 

Langkah 9

Saya tidak membuat peta terlihat harus, karena akan saya buat pecah-pecah dengan bentuk disederhanakan, tidak mengandung lebih dari empat sisi dan membuat efek semacam kain perca yang akan membentuk lapisan pertama dari peta. Warna yang menunjukkan iklim didaerah tertentu seperti iklim hangat (red / orange) atau sejuk (hijau / netral). Basic dot atau garis pola juga ditambahkan.

 

Langkah 10

Nah sekarang tinggal meletakkan Lapisan berikutnya yang terkandung landmark yang paling jelas dan kota-kota besar di Australia. Semua ibukota yang diilustrasikan dengan menggunakan bentuk geometris kemudian ditempatkan di lokasi yang sesuai.

 

Langkah 11

Begitu juga dengan landmark , yang drubah menjadi bentuk geometri sederhana tanpa merubah keaslian bentuknya.

 

Langkah 12

Lulus berikutnya detail ditambahkan melalui landmark sekunder dan atraksi. Memiliki tumpang tindih ini membantu menambah kedalaman. Itu penting untuk kelompok setiap objek setelah selesai sehingga mereka bisa ditingkatkan atau ditempatkan dengan mudah setelah itu.

 

Langkah 13

Dan di langkah ke 13 ini, saya akan membuat beberapa ornamen , seperti jenis-jenis flora , yang sesuai dengan daerah-daerah di Australia. Pohon-pohon palem menandakan tropis utara, semak dataran rendah yang digunakan di daerah pengering sementara bagian Barat dari Australia memiliki pohon runcing khas mereka sendiri dikenal di Australia sebagai grasstree atau kadang-kadang ‘Blackboys’ (meskipun beberapa menganggap bahwa nama ofensif).

 

Langkah 14

Kemudian tempatkan ornamen flora di tempat yang sesuai, dan agar lebih terlihat berdimensi kita bisa tambahkan bukit-bukit dengan gradien penuh berbentuk semi lingkaran , jika dibutuhkan membuat bukit dengan segitiga , untuk menggambarkan keadaan daratan yang curam.

 

Langkah 15

Langkah selanjutnya adalah menambahkan Fauna yang paling terkenal disana, untuk membuatnya, saya melihat referensi gambar asli dan membuat ulang dalam bentuk geometri tentunya dengan konsep mengedepankan kesederhanaan.

Langkah 16

Setelah membuat jenih-jenis fauna Australia, kini bagian penempatan sesuai dengan letak aslinya.

 

Langkah 17

Langkah selanjutnya adalah mempercantik peta dengan sedikit penambahan-penambahan, seperti awan gemobang air dan yang lainnya, seperti pada gambar dibawah ini.

Selesai sudah 17 langkah membuat peta Vektornya teman-teman, bagaimana? tertarik membuatnya?

semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua dan untuk saya, terimakasih 🙂

selamat mencoba…………