Perbedaan Warna CMYK dan RGB

0
467

Assalamualaikum, Kali ini saya akan memberi tahu apa bedanya CMYK dan RGB dalam Photosop. Seperti yang kita tahu, dalam dunia desain ada 2 macam unsur warna yaitu CMYK dan RGB. dalam 2 unsur warna tersebut terdapat persamaan dan perbedaan. Dan apa keterkaitannya dengan Desain Grafis ? Yuk Disimak.

  • CMYKcmyk-circles

CMYK (Cyan-Magenta-Yellow-Black) Disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK adalah model warna yang berbasis sebagai pengurangan sebagian gelombang cahaya. dan sering digunakan dalam pencetakan berwarna. Jadi untuk menca pai atau mendapatkan hasil yang relativ dibutuhkan sedikitnya 4 warna tinta yaitu : Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Keempat warna tinta tersebut disebut warna proses.

 

  • RGBwarna-rgb

RGB (Red-Green-Blue) yaitu warna pencahayaan . Digunakan untuk display monitor, Warna warna primer. Tergantung kepada teknologi alat yang dipakai seperti LCD/CRT pada Display monitor.  Ketiga watna tersebut dikombinasikan dan terciptalah warna putih. Warna RGB adalah prinsip warna yang digunakan media elektronik seperti televisi, scanner, monitor. oleh karena itu warna yang ditampilkan selalu terang. karena memang setting untuk display monitor bukan untuk cetak. sehingga lebih leluasa bermain dengan warna. tetapi warna RGB tidak dapat sempurna jika kapasitas komputernya tidak bagus otomatos warna RGB tidak akan sempurna, lain halnya jika komputer dan layar monitor yang bagus akan mendapatkan warna RGB yang bagus juga.
Jadi perbedaan antara RGB dan CMYK yaitu :
– RGB digunakan untuk warna Monitor sedangkan CMYK digunakan untuk warna printer
– RGB digunakan untuk desain yang nantinya digunakan atau ditampilkan kedalam media layar monitor Sedangkan CMYK digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan dalam bentuk media cetak.
– Jika warna RGB semua dicamputkan warna akan berubah menjadi warna terang yaitu warna putih, sedangkan CMYK jika dicampur semua akan menghasilkan warna gelap yaitu warna hitam.

Terimakasih. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

sumber : internet

Leave a Reply