Perbedaan Spanduk, Banner, Billboard, Baliho, Poster, Brochure, Shop Sign Branding, Neon Box, Iklan Tembok, Media 3D

Media Iklan (Promosi) adalah berbagai sarana komunikasi yang dipakai perusahaan untuk mengantarkan dan menyebar luaskan pesan kepada target pasar yang dituju.
Media iklan juga memilki peranan yang cukup besar sebagaimana halnya bentuk promosi lain seperti sales promotion, direct marketing, public relation, personal selling maupun publisity.

Kali ini saya akan memposting tentang media promosi yang begitu banyak jenis dan bentuknya agar kita bisa membedakan mana media iklan yang dapat digunakan untuk mendongkrak promosi penjualan. Secara garis besar media iklan dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu iklan media cetak, iklan media elektronik dan iklan media luar ruang.

  • Spanduk adalah sebuah kain rentang yang berisi propaganda, slogan atau juga berita yang juga perlu diketahui oleh umum.
    Ukuran:
    90 x 600 cm
    90 x 500 cm
    115 x 500 cm
    100 x 700 cm
        
  • Banner adalah salah satu media promosi yang dicetak dengan Print Digital yang umumnya berbentuk Potrait atau Vertikal. Banner adalah bentuk penyederhanaan dari Baliho.

Ukuran X-Banner Adjustable:
45 – 80 cm x 150 – 180 cm

  • Billboard adalah bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran besar. Bisa disebut juga billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang lebih besar yang diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang.

Ukuran:perbedaan baliho dan brosur
6m x 12m Horizontal
6m x 12m Vertikal
5m x 10m Horizontal
5m x 10m Vertikal
4m x 8
4m x 6m
3m x 4m
2m x 3m

 

  • Baliho adalah suatu sarana atau media berpromosi yang mempunyai unsur memberitakan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas, selain itu baliho juga digunakan untuk mengiklankan suatu produk baru.

Ukuran:
4 x 6 m

  • Poster merupakan salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai

Ukuran:
50 cm x 70 cm
Kertas: ivory 210 gr
Finishing: uv glossy

  • Leaflet atau Brosur adalah Lembaran kertas berukuran kecil mengandung pesan tercetak untuk disebarkan kepada umum sebagai informasi mengenai suatu hal atau peristiwa.

Ukuran:
10 cm x 15 cm

  • Shop Sign Branding, adalah media promosi yang berfungsi untuk memberikan petunjuk kepada para konsumen agar mengetahui dimana sebuah tempat usaha berada.

Ukuran:
berukuran diatas 100 cm

  • Neon Box, adalah media promosi berbentuk box atau bentuk lain yang di dalamnya diterangi lampu neon

.

Ukuran:
berukuran diatas 100 cm

  • Iklan Tembok, adalah media promosi yang menggunakan tembok sebagai media iklannya

.

  • Media 3D, adalah media promosi berbentuk tiga dimensi yang mencerminkan produk tertentu yang dipromosikan

.perbedaan alat promosi

Terima Kasih sudah mampir di kelasdesain, semoga bermanfaat. Bisa cek ke blog kami yang lain di www.nizamiteam.wordpress.com