Perbedaan RGB dan CMYK

image by printgiant

Warna itu terbagi mejadi beberapa bagian diantaranya RGB dan CMYK. Seorang desainer grafis itu harus mengetahui akan hal-hal tersebut terutama dengan warna tersebut yang sangat penting karna warna di komputer dan percetakan itu berbeda. Warna RGB itu sifat nya additive gunanya RGB ini untuk penginderaan atau sebagai alat membentu warna melalui cahaya di komputer untuk kita mendesain.

Kepanjangan dari RGB ialah R: red (merah), G: gren (hijau), B: blue (biru) Fungsi RGB untuk membagi intensitas cahaya guna mencerahkan monitor yang gelap. RGB biasanya berwarna terang dan jelas dan juga kapasitas dari RGB ini file nya besar.

image by printgiant.info

CMYK ini biasanya digunakan dalam dunia percetakan dan singkatan dari C, cyan M, magenta Y, yellow K, black. RGB untuk latar yang hitam dan CMYK ini untuk yang putih biasayna itu untuk kertas.

Harus lebih di perhatikan saat ingin mencetak desain warna RGB harus di rubah terlebih dahulu ke CMYK karena di percetakan tidak mengenal warna RGB hanya CMYK sebagai model kalibrasi dari mesin cetak tersebut.

image by printgiant.info

Jika model warna RGB di cetak maka hasil warna nya tidak sesuai dengan yang dikerjakan karena warna yang tercetak adalah warna CMYK.

Berikut adalah cara merubah mode warna RGB ke CMYK di beberapa software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe InDesign.

 

1.Adobe Photoshop

 

Hal yang pertama kalian lakukan adalah membuka software nya terlebih dahulu lalu pilih image-mode-CMYK color.

 

2.Adobe Illustrator

Di software ini kalian pilih file – document color mode-CMYK color.

 

3.Adobe Indesign

 

Beda dengan software yang lain software Adobe InDesign ini kalian harus memilih window-color -> swatches dan di sebelah kanan ada tulisan swatches timbul dan pilihan disitu ada CMYK.

Oke selamat mencoba teman-teman sekalian.

image by printgiant.info