Perbedaan Corel Draw dan Photoshop

Perbedaan Photoshop dan Corel Draw

Assalammu’alaykum Wa Rohmatullahi Wa Barokatuh.

Hey bro, ketemu lagi nih kita. Oke, kali ini saya akan mengajak kalian semua buat tau apa sih perbedaan Corel Draw dan Photoshop itu? Tapi sebelum itu saya akan membahas Corel Draw dan Photoshop nya dulu.  Dalam desain grafis para graphic desainer memang memiliki macam-macam software pendukung. Namun, yang paling umum digunakan itu adalah Photoshop dan Corel Draw. Memang kalau kita lihat aplikasi Photoshop dan Corel Draw ini dalam softwarenya itu terlihat sama, tapi ternyata ada juga perbedaannya.

Nah yang pertama kita harus tau apasih Adobe Photoshop itu ? Terus CorelDraw itu apa ?

Oke, gini loh. Adobe Photoshop adalah software yang dibuat oleh perusahaan Adobe System, yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan effect. Nah, kalau CorelDraw sendiri adalah salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC. Namun CorelDraw ini lebih banyak dimanfaatkan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.


Mengenal Perbedaannya :
1. Photoshop menggunakan format PSD, sedangkan coreldraw CDR. Adobe sampai membuat format baru untuk PSD yang lebih dari 2 GB, yaitu PSB. Kalau CDR lebih ringan, karena tidak mengenal metadata, layer, masking, channel, dkk yang dimiliki PSD.
2. Photoshop menggunakan sistem layer untuk objek-objeknya sedangkan coreldraw tidak
3. Photoshop berbasis pixel. jika objek diperbesar atau diperkecil, kepadatannya berubah
(pecah ) sedangkan CorelDraw berbasis vektor sehingga anda dapat memperbesar atau memperkecil objek tanpa mengubah kepadatannya.
4. Untuk menandingi Corel, Adobe memiliki Adobe Illustrator untuk desain grafis. Sedang Corel memiliki Corel Photopaint untuk mengedit foto.

Kelebihan Corel draw :
1. Mempunyai banyak tools dan effect yang memudahkan pembuatan objek vector (garis, lengkung, kotak) terutama dalam mendesain/redesign logo.
2. Exim (export-import) format grafis yang didukung sangat banyak sehingga membantu kompatibilitasnya.
3. Kemudian ada banyak juga para pengguna CorelDraw yang membuat sebuah komunitas dengan jumah anggota yang sangat banyak, dan hal ini sangat bermanfaat sekali untuk kita dalam mempelajari CorelDraw lebih dalam lagi, karena kita bisa mendapatkan banyak tutorial, tips dan trik dari orang yang lebih hebat dari kita tentunya.
4. Font bawaan CorelDraw sangat banyak sehingga dapat  mencukupi dalam pembuatan logo.

Kelebihan Adobe Photoshop :

  1. Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.
  2. Membuat tulisan dengan effect tertentu.
  3. Membuat tekstur dan material yang beragam.
  4. Memproses materi Web, dan masih banyak lagi.

Oke, sekian dari. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih, dan Wassalammu’alaykum.