Perbedaan Bitmap & vector

0
298

Sebelumnya saya kira Photoshop itu sama dengan Adobe Ilustrator, eh ternyata salah perkiraan saya. Waktu saya cari ke bah Google tentang Ilustrator ternyanta berbentuk Vektor sama dengan Coreldraw. Contoh filenya seperti eps, emf, svg, cdr dsb. Kalau Photoshop bekerja di sektor gambar bitmap yang berbasis pixel, yaitu gambar yang dibentuk dari sekumpulan pixel atau titik titik dengan warna dan kerapatan tertentu. Contohnya semua file dengan format jpg, bmp, tif dsb.

 

Apa sih Pixel  itu?

Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris “Picture Element” yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci dengan pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi. Gambar berbasis Pixel

bitmapGAMBAR-BITMAP

 

Kalau Vektor itu apa?

Vector adalah Suatu format gambar disusun berdasarkan bentuk berbasis kordinat dengan tujuan meminimalisasi penggunaan tempat penyimpanan data. Informasi yang digunakan diantaranya adalah posisi titik awal, titik akhir dan arahnya yang dihitung berdasarkan metode matematika (Bezier, Spline, NURBS, dll). Contoh Gambar Vectorvecvektor

Dalamphotoshop sebuah garis adalah terdiri dari ribuan titik, sedangkan di Illustrator sebuah garis hanyalah terdiri dari satu garis saja. Dengan orientasi yang demikian, Illustrator itu mampu menghasilkan bentuk-bentuk gambar yang serba halus,  sedangkan Photoshop sebaliknya.

Kekurangan dari program berbasis vector yaitu tidaklah mampu memanipulasi dengan baik setiap pixel pada gambar. Sedangkan menjadi kelebihan yang berbasis Bitmap, seperti Adobe Photoshop.
Jika sobat ingi membuat gambar  kartoon atau logo sebaiknnya menggunakan Adobe Ilustrator dan Coreldraw, tapi kalo ingin membuat gambar atau manipulasi poto menggunakan Adobe Photoshop.

Nah…sekarang sudah tau kan apa itu Bitmap dan Vektor. Jangan sampai salah gunakan Apilkasi ya… kalo ingin membuat karya..he. Trimakasih semoga bermangpaat.

 

Dede Iskandar
 Lahir di Bogor 1992,
Menyukai  Desain Grafis sejak SMA, hobby Volly Ball, Tenis Meja dan Bermain Gitar
Motto : Berani Untuk Mencoba dan yakin Allah Akan Membantu
Penulis dapat dihubungi via:
Facebook :  Darkan De
Email : [email protected]
Blog : http://www.13boken13.wordpress.com , http://www.kelasdesain.com

 

 

 

Leave a Reply